Di Situasi Covid-19, RT dan Kades Harus Proaktif Jaga Lingkungan

Di Situasi Covid-19, RT dan Kades Harus Proaktif Jaga Lingkungan

BUNTOK, MK - Situasi Covid-19 belum juga pulih. Kasus terpapar virus Corona justru cenderung bertambah. Karenanya peran aktif semua aparat pemerintah hingga Ketua RT diharapkan lebih maksimal dalam mencegah penyebaran virus ini.

Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Hermanes bahkan meminta kepada Ketua RT hingga Kepala Desa (Kades) untuk tetap semangat dan aktif menjaga lingkungan sekitar mereka.

"Baik itu kepada pendatang baru hingga kepada tindakan kriminalitas. Semua itu penting dalam rangka mencegah dampak Covid-19," terang Hermanes keoada metrokalimantan.com, Rabu (27/5/2020).

Menurut politikus PDIP ini, tentunya di situasi sekarang ini semua pihak termasuk warga terus dan selalu berjaga-jaga terharap pendatang baru.

"Jangan sampai mereka bebas masuk. Sementara di satu sisi mereka berasal dari daerah zona merah. Tentunya ini sangat berbahaya jika dibiarkan," tutur Hermanes.

Ia menambahkan, jika ada orang baru datang dan tidak melaporkan dirinya, segera lapor ke Gugus Tugas. Sebab ini dikhawatirkan akan adanya yang positif dan membuat masyarakat kampung menjadi resah.

Karena itu, pihak desa harus mengaktifkan pos keamanan lingkungan atau Poskamling, mengingat belakangan ini tindak kejahatan juga meningkat.

"Dengan kondisi ekonomi masyarakat seperti saat ini, tentunya banyak orang-orang yang nekat. Salah satunya melakukan pencurian," imbuhnya.

Manakala keamanan lingkungan diperketat, Hermanes yakin pelaku kejahatan akan berpikir untuk melancarkan perbuatannya tersebut.

"Sama-sama kita berperan aktif bantu pemerintah dan aparat sempat," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama