Profil Perusahaan



Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Pasal 9 Ayat (2) menyebutkan: "Setiap perusahaan pers harus berbentuk badan hukum Indonesia".
Sesuai Undang-Undang ini, setiap Pers/Media harus berbadan hukum.  Ini diperkuat dengan Surat Edaran Dewan Pers tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers; Setiap perusahaan pers harus berbentuk badan hukum Indonesia (UU Pers). Sesuai Standar Perusahaan Pers, badan hukum Indonesia yang dimaksud di atas berbentuk Perseroan Terbatas (PT).
Sesuai Pasal 1 angka 2 UU Pers, badan hukum untuk penyelenggaraan usaha pers adalah badan hukum yang “secara khusus menyelenggarakan, menyiarkan, atau menyalurkan informasi".
Dengan demikian, bentuk badan hukum untuk usaha pers tidak dapat dicampur dengan usaha lain selain di bidang pers".
Menurut Dewan Pers, ketentuan badan hukum ini merupakan salah satu upaya perlindungan terhadap jurnalis (wartawan) dalam menjalankan pekerjaannya untuk mendapat kepastian hukum.
Didasari ketentuan Undang-Undang dan Surat Edaran Dewan Pers tersebut di atas, PT Maju Bersama Media (MBM) pun didirikan khusus menaungi produk-produk pers, dan terkait dengan usaha pers.
Produk yang diterbitkan PT Maju Bersama Media, yakni Metro Kalimantan. Metro Kalimantan sendiri merupakan media online dan cetak yang memprioritaskan atau memfokuskan pada pemberitaan seputar aktivitas yang ada di Kalimantan.[]
loading...