Waspada! Ada Buaya Muncul di DAS Kahayan Desa Gohong

Waspada! Ada Buaya Muncul di DAS Kahayan Desa Gohong

PULANG PISAU - Warga Desa Gohong, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), diingatkan untuk berhati-hati saat beraktivitas di DAS Kahayan, tepatnya di wilayah perairan desa setempat. 

Pasalnya, beredar video berdurasi 27 detik dengan memperlihatkan predator ganas diduga jenis buaya tengah menyeberang ke arah tengah sungai di sekitaran bawah jembatan Pulang Pisau atau jembatan Gohong dengan panjang diprediksi kurang lebih 4 meter. 

Disebutkan, predator ganas itu menampakkan diri tak hanya sekali. Tetapi kemunculannya sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir ini. 

Jamil, salah seorang warga Desa Gohong sempat melihat langsung penampakan predator yang diduga jenis buaya tersebut. Usai melihat, ia langsung berinisiatif mengambil gambar dan video. 

"Tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB, saya lewat jembatan. Lalu tidak sengaja melihat ada yang berenang dan langsung saya video, ternyata seekor buaya muncul dan berenang. Biayanya cukup besar, kemungkinan mencapai 4 meter," ujar Jamil saat dikonfirmasi awak media, Rabu (10/7/2024). 

Jamil menuturkan, bukan kali pertama dirinya melihat penampakan buaya tersebut, sehari sebelumnya juga melihat adanya kemunculan buaya muncul di daerah di lokasi yang sama. 

"Buaya ini juga sering muncul di dekat pelabuhan pasar agrobisnis, tepat di bagian ujung jembatan Gohong. Khawatirnya daerah itu pemukiman warga, jadi mohon pihak terkait dapat menindaklanjutinya," harapnya.

Terpisah, Kepala Desa Gohong Epansyah Rulhadi  saat dihubungi wartawan, membenarkan adanya kemunculan predator jenis buaya di perairan Desa Gohong. 

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak Polsek Kahayan Hilir. Sementara kami mengimbau seluruh lapisan masyarkat, khususnya warga Gohong untuk berhati-hati saat beraktivitas di sungai. Untuk sementara jangan mandi bercebur dulu, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," pesannya.[manan]

Lebih baru Lebih lama