Anggota Wantimpres Apresiasi Semangat Poktan di Food Estate Pulang Pisau

Anggota Wantimpres Apresiasi Semangat Poktan di Food Estate Pulang Pisau

ANGGOTA Wantimpres, Soekarwo didampingi Kepala Dinas TPHP Kalteng, Sunarti dan rombongan meninjau food estate di Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau.| foto : istimewa

PULANG PISAU - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) yang diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Peternakan (Dinas TPHP) Sunarti mendampingi kunjungan kerja Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Soekarwo ke Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Selasa (7/5/2024).

Kunjungan Soekarwo beserta rombongan tersebut dalam rangka meninjau Food Estate yang ada di daerah tersebut.

Sunarti mengatakan bahwa Tenaga Penyuluh di Kalteng sangatlah kurang, ada 1536 Desa namun Tenaga Penyuluhnya hanya 630 orang.

"Idealnya satu Desa itu satu Tenaga Penyuluh," ujarnya.

Menurutnya, para petani harus memiliki Kredit Usaha Rakyat (KUR), dengan begitu para petani mempunyai rasa tanggung jawab untuk merawat alat dan mesin pertanian (alsintan) dengan baik.

"Nanti kita coba melakukan pendekatan dengan perbankan, Bapak Gubernur juga sudah menyampaikan melalui Bank Kalteng agar KUR untuk petani bunganya hanya 3 persen," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Soekarwo mengapresiasi semangat para kelompok tani (poktan) yang ada di Kalteng dalam menjalani Program Food Estate, khususnya di Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

"Saya juga mendapat laporan bahwa stok beras disini masih banyak. Untuk itu saya berpesan, agar di rumah jangan sampai tidak ada simpanan beras sedikitpun," tandasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama