Sekda Kalteng: Mari Kita Sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024

Sekda Kalteng: Mari Kita Sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024

SEKDA Nuryakin pada pembukaan Rakor Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 telah ditetapkan melalui PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang diadakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, berlangsung di Hotel Neo Palma, Palangka Raya, Selasa (7/5/2024).

Dikatakannya bahwa Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 ini merupakan program strategis nasional, yang mana sama-sama dilaksanakan tahun 2024, oleh karena itu harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. 

"Pemilu jatuh di tanggal 14 Februari yang lalu, dan pilkada berlangsung beberapa bulan kemudian di tanggal 27 November 2024," ungkapnya.

"Pemilu dilaksanakan untuk memilih Presiden, dan Wakil Presiden, serta DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, sedangkan Pilkada dilaksanakan untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh Indonesia," timpalnya.

Menurutnya, sebagai bentuk dukungan Pemprov Kalteng Provinsi pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024, salah satunya dengan memastikan ketersediaan anggaran untuk pelaksanaan tersebut.

"Rakor ini ditujukan untuk memastikan kesiapan penyelenggara dalam melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2024, baik dukungan anggaran maupun penyiapan sarana dan prasarana, termasuk dukungan personil," ujarnya.

Ia berharap, Pilkada Serentak Tahun 2024 berjalan dengan aman, lancar dan tertib demi menjaga kerukunan dan keharmonisan masyarakat Kalteng.

"Mari kita sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan bersama-sama untuk datang ke TPS masing-masing sesuai dengan DPT yang ada dan mari kita tingkatkan partisipasi pemilih," tutupnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama