Kades terpilih di Bartim segera Dilantik, 2 Desa Masih Menunggu

Kades terpilih di Bartim segera Dilantik, 2 Desa Masih Menunggu

TAMIANG LAYANG - Sebanyak 82 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades serentak di Kabupaten Barito Timur (Bartim) pada bulan Juni lalu akan dilantik pada 16 Agustus 2023.

"82 Kades terpilih sudah kita undang untuk mengikuti pelantikan. Kalau pak Bupati tidak berhalangan beliau yang akan melantiknya," kata Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Bartim, Matriyuspi, Selasa (14/8/2023).

Ia mengungkapkan, sebenarnya Desa yang mengikuti Pilkades serentak di Bartim berjumlah 84 Desa, namun 82 Kades terpilih saja yang sudah diundang untuk mengikuti pelantikan, sedangkan 2 Desa lainnya masih menunggu keputusan pimpinan.

"Karena masih ada permasalahan hasil suara, maka Desa Siong Kecamatan Paju Epat dan Desa Karang Langit Kecamatan Dusun Timur sampai saat ini belum ada kepastian untuk ikut pelantikan pada tanggal 16 Agustus ini," ujarnya.

Kendati demikian, jelasnya, kedua Desa itu tidak menutup kemungkinan bisa mengikuti pelantikan serentak ini. 

"Saat ini masih menunggu penyelesaian ditingkat Kabupaten, karena kedua desa itu masih menggugat atau mengajukan keberatan terkait hasil perhitungan suara," katanya.

Apabila kedua Desa itu sampai tanggal 16 ini tidak mendapatkan undangan pelantikan maka jabatan Kades akan diisi oleh Penjabat (Pj).

"Kami sangat berharap sampai tanggal 16 nanti ada keputusan, apakah diundang pelantikan atau tidak, yang jelas tidak sampai ada kekosongan jabatan Kepala Desa," tandasnya.[siti]

Lebih baru Lebih lama