Launching Logo Geopark Meratus, Paman Birin Gelorakan Semangat Gotong Royong Membangun Banua

Launching Logo Geopark Meratus, Paman Birin Gelorakan Semangat Gotong Royong Membangun Banua

BANJARMASIN – Momen peringatan Hari Jadi ke-73 Provinsi Kalimantan Selatan yang dipusatkan di halaman eks Kantor Gubernur di Kota Banjarmasin, Selasa (15/8/2023) juga ditandai dengan launching logo Geopark Meratus.

Logo Geopark Meratus sendiri menggambarkan Berlian Intan dari Banua yang menyinari dunia, Suku Banjar dan Suku Dayak Meratus yang ada di dalamnya saling menjaga kelestarian baik warisan bumi, budaya, flora dan fauna. 

Kemudian Hutan Pegunungan Meratus dijadikan atap dan rumah masyarakat banua, serta sebagai sumber kehidupan masyarkat Kalimantan Selatan.

Usai launching, Paman Birin dalam sambutannya mengatakan, sengaja pihaknya mengumpulkan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai daerah untuk bersama memperingati puncak Hari Jadi ke-73 Kalsel di area Siring 0 Kilometer atau halaman Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin.

“Memperingati Hari Jadi ke-73 menjadi satu komitmen kita untuk meningkatkan semangat persatuan, persaudaraan dan gotong royong untuk membangun Banua yang lebih baik dan maju lagi,” ujarnya.

Dikatakannya, Harjad ke-73 Kalsel menjadikan momen untuk mengukuhkan kesadaran dan kekompakan agar bergerak bersama membangun Banua tercinta yang dijulukinya Kalsel Babussalam.

"Kebersamaan inilah yang telah mengantarkan Kalsel ke arah lebih baik seperti sekarang," tuturnya.

Pertumbuhan ekonomi stabil dan positif, inflasi bisa dikendalikan, UMKM bangkit dari pasca pandemi, dan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) menjadi lebih bagus, sebagai cerminan keberhasilan sektor dalam Pendidikan, Ekonomi dan Kesehatan. Kondisi ini juga dibarengi dengan keberhasilan percepatan menurunkan angka stunting.

“Saya mengajak masyarakat Kalsel untuk bergerak untuk membangun Banua yang masih panjang, masih banyak agenda serta progam pembangunan yang dilanjutkan,” pungkasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama