Dilepas Bupati, Pawai Budaya Semarakan Hari Jadi Kuala Kapuas dan HUT Pemkab

Dilepas Bupati, Pawai Budaya Semarakan Hari Jadi Kuala Kapuas dan HUT Pemkab

SUASANA pawai budaya di Kabupaten Kapuas.| foto : zulkifli
   
KUALA KAPUAS - Pawai budaya menyambut dan memeriahkan hari jadi  ke-217 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Pemkab digelar, Senin (20/3/2023).

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat melepas peserta, pelepasan ditandai dengan pemukulan katambung (alat gendang sejenis perkusi) khas daerah.

"Pawai budaya dilaksanakan setiap tahun, ini menandakan bahwa kita saling hormat menghormati satu sama lain, walaupun budaya berbeda tapi kita saling menyatukan diri," kata Ben sebelum melepas peserta.

Dalam momentum ini dia mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan jalinan tali silaturahmi satu sama lain.

"Mari kita ikat erat erat tali silaturahim satu sama lain, walaupun kita berbeda tetapi kita bersaudara, kita doakan Kapuas ke depan jadi Kabupaten yang hebat," ajaknya.

Pawai mengambil start di Jalan Letjend Soeprapto, melewati Jalan Ahmad Yani ke Jalan Tambun Bungai finish di depan  RSUD Kapuas.

Sementara ribuan warga ikut memeriahkan pawai  tersebut, iring-iringan peserta menampilkan ragam pernak pernik, pakaian adat seni dan budaya.

Apalagi, ragam budaya dan seni khas suku Dayak banyak ditampilkan dalam pawai memeriahkan kabupaten dengan motto Tingang Menteng Panunjung Tarung ini.

Pawai yang juga menyertakan kendaraan hias ini  diikuti peserta dari seluruh SOPD di Kapuas, kemudian dari sekolah, perguruan tinggi komunitas hingga Ormas. 

Begitu juga yang menyaksikan, warga tumpah ruah memadati sisi-sisi jalan rute yang dilalui peserta pawai.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama