Bawaslu Kotabaru Laksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Bawaslu Kotabaru Laksanakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu

KOTABARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kotabaru melaksanakan sosialisasi Pengawasan Pemilu berpartisipatif bersama stakeholder, instansi terkait dan mahasiswa, di Ballroom Hotel Grand Surya Kotabaru, Senin (21/11/2022).

Acara dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Minggu Basuki, Forkopimda, Ketua Kemeneg H.Kamal, Instansi terkait dan Perguruan Tinggi, serta Ketua PWI Achmad Nurahsin Q.

Fathurrahman S.Pdi,. M.Sos selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kotabaru menegaskan, sebagai upaya pencegahan dari Bawaslu Kotabaru adalah untuk melakukan kegiatan Sosialisasi terhadap Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif.

"Untuk itu, segala upaya mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu dan Pemilihan serta sengketa proses Pemilu dan pemilihan dengan melalui tugas Pengawasan oleh Pengawas Pemilu, dengan melibatkan partisipasi
masyarakat serta publikasi media," tuturnya.

Dalam praktiknya, lanjutnya, tugas dan fungsinya adalah untuk mengawasi Pemilu, dan ini membutuhkan dukungan banyak pihak. Salah satunya mengajak segenap kelompok masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan tersebut.

Sementara itu, Ketua PWI Kotabaru, Achmad Nurahsin Q memberikan apresiasi terhadap Bawaslu yang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi pencegahan pelanggaran Pemilu 2024.

"Tujuan sosialisasi ini adalah untuk melakukan pencegahan pelanggaran pada Pemilu 2024 nantinya. Dengan metode kegiatan yaitu berupa penyampaian bersama narasumber, diskusi dan tanya jawab," terangnya.

Sebagai upaya pencegahan, Bawaslu Kotabaru melakukan kegiatan sosialisasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu Partisipatif. 

Dan dalam pertemuan tersebut, Bawaslu akan menjalin kerjasama dengan melibatkan PWI Kotabaru sebagai publikasi media, dan akan ada MoU Bawaslu terhadap PWI Kotabaru.

"Saya berharap sosialisasi ini terus digalakkan hingga ke pemilih pemula, dan memberikan pemahaman hingga ke sekolah SMU sederajat," jelasnya.

Sebagai narasumber dalam sosialisasi adalah Prof. Dr. Muhammad Hadin Muhjad, SH,. M.Hum (Dosen FH Unlam Banjarmasin), Prof. Ani Cahyadi, M.Pd (Dosen FTK UIN Antasari Banjarmasin) dan Bawaslu Kotabaru.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama