Tingkatkan Kemampuan Personel Damkar, Pemkab Kotabaru Gelar Diklat

KOTABARU - Untuk meningkatkan kemampuan serta mewujudkan kinerja pelayanan di bidang pemadam kebakaran dan penyelamatan yang berkompeten, Satpol-PP dan Damkar Kotabaru melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat).

Diklat Pemadam Kebakaran Kualifikasi Pemadam I tahun 2022 yang berlangsung di Balai Latihan Kerja (BLK) Kotabaru, Selasa (22/11/2022) ini, mereka bekerjasama dengan BPKSDM Kotabaru.

Diklat dibuka secara langsung Sekretaris Daerah Kotabaru, Drs H Said Akhmad MM. Diklat berlangsung selama 5 hari, mulai 21 hingga 25 November 2022.

Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 31 orang, 7 orang merupakan personel Satpol-PP dan 24 orang lagi Bidang Urusan Kebakaran Kotabaru.

Sekda Said menyampaikan, Pemkab Kotabaru sangat mendukung kegiatan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). 

"Sangatlah tepat bila pengetahuan dan strategi pemadam kebakaran dikembangkan melalui Diklat semacam ini. Sebab, menyangkut kepentingan masyarakat luas. Oleh karena itu, kami mengharapkan kesungguhan seluruh peserta Diklat dalam mengikuti pelatihan ini," tuturnya. 

Selain itu, Said juga mengungkapkan bahwa profesi pemadam kebakaran memiliki kebanggaan tersendiri, dan selama ini personel Damkar tidak hanya menangani kebakaran, melainkan persoalan kedaruratan lainnya yang terjadi di masyarakat. 

"Petugas pemadam kebakaran harus memiliki kebanggaan profesi saudara tekuni sekarang ini, profesi yang menuntut profesionalisme dan kesungguhan dalam profesi petugas pemadam kebakaran terkandung misi sosial kemanusiaan untuk menyelamatkan jiwa raga serta harta benda milik masyarakat." Ungkap Sekda Kotabaru

Diklat ini diisi dengan narasumber dari Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Greis Meirandha, SE, M. M dan Dwi Ajeng Kartini Apriliyanti, S. IP, M. Si.

Juga dihadiri para Instruktur Diklat Pemadam Kebakaran dari Provinsi DKI Jakarta, Akbar Trismadani S.Pd dan Saiful Rochman dengan didampingi dari Damkar Kalimantan Selatan, H Maulana Fatahillah S. STP serta Kepala Satpol PP dan Damkar Kotabaru.[zainuddin]
loading...