Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Pasar Malam di Tamiang Layang kembali Diaktifkan

Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Pasar Malam di Tamiang Layang kembali Diaktifkan

PLT KEPALA UPT Pasar Tamiang Layang, Marjuno saat menata para pedagang.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Setelah memperhatikan pandemi Covid-19 yang telah mereda, Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Bartim) melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkop UKM) setempat, kembali mengaktifkan Pasar Malam Senin atau yang akrab di kalangan masyarakat dengan sebutan Pasar Tungging di kawasan Pasar Temanggoeng Djaja Karti, Tamiang Layang. 

"Berdasarkan Surat Edaran dari Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Barito Timur, saya sebagai Kepala UPT Pasar Tamiang Layang dan pelaksana di lapangan melaksanakan surat edaran tersebut, sehingga Pasar Tungging di Tamiang Layang mulai dibuka kembali," ujar Kepala UPT Pasar Tamiang Layang, Marjuno, Senin (17/10/2022).

Menurutnya, minggu pertama pelaksanaan kembali pasar tungging tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan pemerintah daerah untuk peningkatan ekonomi kerakyatan.

"Dalam Surat Edaran Nomor 510/39/DISDAGKOPUKM.11/2022 tentang aktivasi kegiatan pasar yang ditandatangani oleh Kepala Disdagkop UKM Barito Timur, Berson, disebutkan bahwa dalam upaya memulihkan perekonomian masyarakat pasca pandemi covid-19, serta untuk menunjang program peningkatan ekonomi kerakyatan, Disdagkop UKM mencabut Surat Himbauan Nomor 510/686/Disdagkopukm.II/2021, Tanggal 29 Desember 2022 tentang Pemindahan Jadwal Pasar Mingguan," bebernya.

Kemudian, dalam surat edaran itu, lanjutnya, mengembalikan hari Pasar Temanggoeng Djaja Karti Tamiang Layang ke hari Senin dan Pasar Beringin Ampah ke hari Jumat.

"Dalam Surat Edaran itu, UPT Pasar Temanggoeng Djaja Karti Tamiang Layang dan UPT Pasar Beringin Ampah diminta agar dapat mengaktifkan kembali pasar subuh dan pasar malam atau tungging di wilayah kerja masing-masing,  sambil berkoordinasi dengan pihak terkait untuk aktivasi kegiatan pasar dimaksud," jelasnya.

Kepala Disdagkop UKM Bartim, ungkapnya, juga berpesan agar seluruh pihak yang terlibat dalam aktivasi kegiatan pasar tersebut dapat menjaga keamanan, kebersihan dan ketertiban sehingga tercipta suasana yang aman dan kondusif.

"Edaran ini berlaku menyesuaikan dengan kondisi aktual di pasar masing-masing dan dapat dilaksanakan sesegera mungkin," tukasnya.[siti/adv]


Lebih baru Lebih lama