Pemprov Kalteng Salurkan 10 Ekor Sapi Kurban ke Bartim

Pemprov Kalteng Salurkan 10 Ekor Sapi Kurban ke Bartim

SIMBOLIS, penyerahan hewan kurban bantuan pemprov kalteng ke pemkab bartim.| foto: siti

TAMIANG LAYANG - Jelang Idul Adha 1443 Hijriah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menyalurkan bantuan 10 ekor sapi kurban untuk masyarakat Barito Timur (Bartim).

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran diwakili oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kalteng, Riza Rahmadi menyerahkan hewan kurban tersebut secara simbolis  kepada Bupati Bartim Ampera AY Mebas didampingi Kabag Kesra, Asisten III dan Pengurus Masjid Agung Arrahman Tamiang Layang, Jumat (8/7/2022).

Gubernur Kalteng dalam amanatnya yang disampaikan Kepala DTPHP mengatakan, bantuan hewan kurban ke seluruh Kabupaten/Kota di Kalteng itu sebagai bentuk
kepedulian terhadap masyarakat, khususnya umat Islam yang akan merayakan Idul Adha 1443 Hijriah.

"Sebanyak 416 ekor sapi kurban didistribusikan ke 14 Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Tengah," ungkapnya.

Bantuan hewan kurban tersebut kemudian disalurkan Pemerintah Daerah setempat melalui Masjid, Musala, Pondok
Pesantren dan Panti Asuhan agar masyarakat sekitar yang membutuhkan dapat memanfaatkan daging kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha ini.

Sehubungan dengan adanya situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK, lanjutnya, telah dilakukan upaya mitigasi risiko dan penyesuaian terhadap prosedur pelaksanaan kurban, yaitu pada tahapan penjualan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan, pemotongan hewan kurban, penanganan daging kurban, dan penanganan limbah penyembelihan kurban.

"Bantuan hewan kurban dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ini juga telah melalui pemeriksaan kesehatan oleh pihak terkait, dan Insya Allah terbebas dari PMK," tuturnya.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah. Semoga bantuan hewan kurban ini menjadi keberkahan bagi kita semua, Aamiin Ya Rabbal Aalamiin," tandasnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama