Bupati Pulang Pisau Sisipkan Pesan Ini kepada Panitia Pemotongan Hewan Kurban

Bupati Pulang Pisau Sisipkan Pesan Ini kepada Panitia Pemotongan Hewan Kurban

BUPATI Pulang Pisau bersama pimpinan DPRD dan unsur Forkopimda menerima tambahan hewan kurban dari Pemprov Kalteng.| foto : diskominfostandipulpis

PULANG PISAU - Mendekati Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022M. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, kembali menyediakan puluhan ekor hewan kurban jenis sapi. 

Hewan kurban yang disalurkan Pemkab Pulang Pisau itu sebanyak 20 ekor melalui BKPRMI daerah setempat, dan ditambah 35 ekor dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng). 

Dengan adanya penambahan hewan kurban tersebut, tentu menambah semangat masyarakat dalam kebersamaan memeriahkan Hari Raya Idul Adha. 

"Kita juga bersyukur mendapat tambahan sebanyak 35 ekor dari Pemprov Kalteng dalam hal ini Bapak Gubernur kita, H Sugianto Sabran," ucap Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau di lingkungan Masjid Agung Ar-Raudhah, Kota Pulang Pisau, Jumat (8/7/2022). 

Pada kesempatan itu, Taty mengimbau kepada seluruh panitia pemotongan hewan kurban menjaga kebersihan dan menerapkan surat edaran atau SE Kemendagri tentang pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan dalam situasi wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). 

"Salah satunya dengan merebus bagian kepala, kaki dan jeroan dengan suhu 100°C selama 3 menit minimal sebelum dibagikan kepada masyarakat untuk mencegah penularan wabah tersebut," pesannya. 

"Dan limbah jeroan dikubur tidak boleh di buang sembarang tempat," ujar Taty. 

Ia mengungkapkan, Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya diperingati oleh umat Islam di seluruh dunia. Tidak terkecuali masyarakat muslim di Kabupaten Pulang Pisau.

Perayaan hari besar bagi umat Islam ini tidak lepas dari pemotongan hewan kurban, yang dapat dimaknai sebagai sarana menjalin kebersamaan serta sebuah momentum untuk menumbuhkan jiwa sosial dan sifat kepedulian kepada sesama. 

"Jadi, saya pribadi dan atas nama Pemkab Pulang Pisau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha, khususnya bagi umat Islam yang merayakannya," pungkasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama