Pemkab Tala Jamin Kesehatan Masyarakat Pasca Vaksinasi Covid-19

Pemkab Tala Jamin Kesehatan Masyarakat Pasca Vaksinasi Covid-19

PEMERINTAH bertanggung jawab apabila pasca vaksinasi kemudian sakit.| foto : andra

PELAIHARI - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) bertanggung jawab terhadap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada suntikan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat Tala. 

Demikian disampaikan oleh Bupati Tala, HM Sukamta saat mengikuti rangkaian kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Tebing Siring Kecamatan Bajuin pada Jumat (11/3/2022).

Pemerintah, kata dia, bertanggung jawab apabila memang setelah vaksinasi kemudian sakit silahkan bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Boejasin atau pelayanan kesehatan milik Pemkab Tala nanti akan dirawat dan gratis.

"Biaya perawatannya ditanggung pemerintah,” kata Sukamta.

Bupati juga terus mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti vaksinasi dan membawa anak-anak mereka yang telah memasuki usia cukup untuk mengikuti vaksinasi.

Ia sampaikan bahwa vaksinasi berguna untuk mencegah terjadinya gejala berat yang dialami oleh seseorang yang terinfeksi Covid-19.

Ia sampaikan pula, dalam satu bulan terakhir ada sembilan kasus meninggal karena Covid-19, enam orang diantaranya belum mengikuti vaksinasi sama sekali, dua orang belum menerima vaksin lengkap, dan satu orang karena adanya komorbid (penyakit bawaan).

“Kami mengharapkan kepada para orang tua untuk membawa anaknya mengikuti vaksinasi, hal ini dikarenakan apabila masih banyak yang belum vaksinasi maka akan ada kemungkinan kemunculan varian baru dari Covid-19,” lanjut Sukamta.

Sukamta mengungkapkan, MTP sebagai upaya pemerintah daerah dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat desa. Selain itu juga sebagai sarana komunikasi langsung antara pemerintah daerah dengan masyarakat, sehingga dapat mendengar langsung aspirasi dan hajat masyarakat banyak.

Pada pembukaan kegiatan MTP Desa Tebing Siring menampilkan beberapa kesenian diantaranya Tari Assalamualaikum oleh TK Nurul Huda, Tari Titik Lalan oleh UPTD SMPN 3 Bajuin, dan Kuda Lumping oleh Pemuda Tebing Siring Khudo Kirono. 

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan kepada masyarakat Desa Tebing Siring secara simbolis 550 batang bibit yang terdiri dari Mahoni 400 batang, Nangka 100 batang, dan Jengkol 50 batang. Selain itu secara simbolis juga diserahkan 2.000 bibit ikan Jelawat dan 20 paket sembako. 

Turut berhadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Tala H. Dahnial Kifli, Ketua TP PKK Kabupaten Tala, Hj Nurul Hikmah Sukamta, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Tala Yati Octoviana Abdi Rahman, Camat Bajuin H. Sahriyanur dan para Pejabat Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Tala.[advertorial]

Lebih baru Lebih lama