Wabup Tala Ingin Banjir Ditangani secara Tepat

Wabup Tala Ingin Banjir Ditangani secara Tepat

KONDISI banjir yang terjadi di pekan pertama Maret, direspon cepat Pemkab Tala dengan menggelar Rakor.| foto : andra

PELAIHARI - Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda Kabupaten Tanah Laut (Tala) pada tanggal 7 dan 8 Maret 2022 lalu mengakibatkan banjir di beberapa titik, di antaranya Desa Ranggang, Desa Batilai dan Desa Guntung Besar. 

Kondisi ini direspon cepat oleh Pemkab Tala dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Banjir.

Rapat koordinasi dipimpin Wakil Bupati Tala, Abdi Rahman bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para camat dan para kepala desa di Ruang Kerja Wakil Bupati, Kamis (10/3/2022).

Dalam rapat tersebut Wabup meminta pemaparan dari jajaran OPD terkait, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kondisi yang terjadi di lapangan oleh masing-masing kepala desa yang wilayahnya terdampak banjir beberapa hari yang lalu. 

Setelah mendengarkan aspirasi para kepala desa, wakil bupati menyampaikan bahwa Pemkab Tala terus berusaha mencari solusi agar bencana banjir tidak terjadi lagi.

“Jadi hari ini kita rapat koordinasi untuk membaca perencanaan daerah yang tepat sasaran melalui berbagai penyesuaian dan investigasi yang benar, sehingga kita melakukan tindak lanjut terhadap permasalahan ini sesuai dengan perencanaan yang matang dan dapat menyelesaikan masalah,” kata Abdi Rahman.

Selanjutnya Abdi menyampaikan bahwa penanganan banjir akan dilakukan melalui dua perencanaan yaitu jangka pendek dan jangka panjang. 

Ia juga menegaskan bahwa Pemkab Tala dan jajaran akan terus melakukan analisa untuk penanganan banjir yang terkoordinir dan berkelanjutan.

“Penanganan masalah banjir ini kita bagi dua yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Untuk penanganan jangka pendek kita akan melihat dulu apa yang menjadi masalah apakah itu di alur sungai atau di muara sungai. Apabila masalahnya ada di hilir sungai, maka itu yang akan kita kerjakan. Adapun untuk jangka panjang kita tetap akan kaji untuk melakukan normalisasi sungai,” lanjut Abdi Rahman.

Turut terjadi pada rapat tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tala, Kepala Bappeda Tala, Kepala Dinas PUPRP Tala, Kalak BPBD Tala, Camat Takisung, Camat Pelaihari dan para kepala desa.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama