Bupati Sukamta Ingin Tingkatkan Jumlah Bendungan dan Penampungan Air

Bupati Sukamta Ingin Tingkatkan Jumlah Bendungan dan Penampungan Air

UNTUK menjamin ketersediaan air di musim kemarau dan pencegahan bencana banjir, Pemkab Tala membangun bendungan.| foto : andra

PELAIHARI - Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta mengatakan, pemanfaatan bendungan dan penampungan air di daerah dataran tinggi perlu ditingkatkan. 

Ini guna menjamin ketersediaan air saat memasuki musim kemarau dan sebagai langkah pencegahan bencana banjir di dataran rendah saat musim penghujan. 

“Kita mencoba melakukan manajemen tata kelola air, kita ingin di daerah Tebing Siring, Bajuin dan juga Tanjung memiliki banyak bendungan atau penampungan air supaya bisa mengendalikan banjir saat musim hujan dan apabila memasuki musim kemarau tetap tersedia air,” kata Sukamta, menghadiri syukuran atas selesainya renovasi bendungan di Desa Tebing Siring Dusun Empat Kecamatan Bajuin, Jumat (11/3/2022). 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Tala, Agus Setyaji mengatakan, bendungan di Desa Tebing Siring ini telah selesai direnovasi pada tahun lalu. 

Ia menyampaikan pula bahwa bendungan ini sangat bermanfaat saat musim kemarau untuk mencukupi kebutuhan masyarakat disekitar bendungan.

“Bendungan yang ada di Desa Tebing Siring ini kita rehabilitasi pada tahun 2021 dan Alhamdulillah bisa diresmikan hari ini, sebagai bentuk perhatian dari pemerintah daerah terhadap warga Desa Tebing Siring. Semoga ini bermanfaat baik untuk air minum maupun untuk keperluan sehari-hari khususnya saat musim kemarau,” katanya.

Renovasi bendungan diikuti dengan pembangunan air limpasan dan jalan lintas yang saat ini bisa dilewati kendaraan roda empat yang sebelumnya hanya bisa dilewati roda dua.

Pada kesempatan tersebut bupati melakukan penandatanganan pada prasasti bendungan dan memberi nama bendungan dengan sebutan Tirto Mulyo yang berarti air kemakmuran. 

Pemberian nama ini diharapkan dapat menambah kemakmuran masyarakat di Desa Tebing Siring. Selain itu, ia juga menebar 2.000 ekor benih ikan Jelawat dan melakukan penanaman bibit pohon Mahoni di sekitar bendungan. 

Turut berhadir pada kegiatan ini anggota DPRD Tala, Pejabat Pimpinan SKPD, Camat Bajuin, jajaran Pemerintah Desa Tebing Siring dan masyarakat Desa Tebing Siring.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama