Berprinsip Menjemput Sukses di Usia Muda, Rusdin Barhiwan, Legislator Milenial Berlatar Belakang Aktivis

Berprinsip Menjemput Sukses di Usia Muda, Rusdin Barhiwan, Legislator Milenial Berlatar Belakang Aktivis

PARINGIN - Mempunyai perjuangan panjang yang pernah dilalui, Rusdin Barhiwan anggota DPRD Balangan periode 2019 hingga 2024, yang menginspirasi kalangan millenial, ini memiliki prinsip menjemput sukses pada usia muda.  

Ia merupakan DPRD Milenial yang berasal dari Fraksi Gabungan dari Amanat Bintang Demokrasi yang terdiri dari PAN, Demokrat dan PBB. 

Rusdi mengawali karir politik, sejak tahun 2016. Saat itu, ia masih bekerja sebagai tenaga kontrak honorer di Sekretariat DPRD Kabupaten Balangan. 

Ia mengabdikan diri di Partai Amanat Nasional pada tahun 2016, dan dipercaya mengisi jabatan sebagai wakil sekretaris. Kemudian pada masa 2020 hingga 2024, ia menjabat sebagai sekretaris. 

Tentunya karir politik Rusdin tak lepas dari orang-orang di sekitar yang mendukungnya. Pada tahun 2018, ia bahkan memberanikan diri untuk berhenti menjadi tenaga honorer karena adanya niatan untuk mencalon sebagai anggota DPRD Balangan. 

2019, masa Pemilu, lelaki kelahiran 12 Agustus 1986 ini akhirnya terpilih. Ia merupakan anggota DPRD pada Dapil 1 di Kabupaten Balangan yang membina tiga kecamatan, yakni Paringin, Paringin Selatan dan Lampihong. 

Rusdin Barhiwan juga merupakan aktivis di Kabupaten Balangan. Ia bergabung dalam berbagai organisasi sosial yang bergerak untuk pembangunan. Bahkan hingga saat ini ia pun masih membina organisasi sosial. 

Baginya, menjadi bagian dari legislatif di Kabupaten Balangan bukanlah hal yang pernah Ia impikan. Mengingat dirinya yang terlahir dari keluarga sederhana. Ia bahkan rela memendam mimpi hanya untuk membantu keuangan keluarga. 

Rusdin yang kini menduduki jabatan sebagai Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Balangan sedang menempuh pendidikan S1 Hukum di STIH Banjarmasin. 

Ia ingin semakin meningkatkan pendidikan untuk membantu memperjuangkan suara masyarakat. 

"Memang dibutuhkan keberanian dalam menggapai impian. Prinsip saya ialah menjemput sukses pada usia muda," ujarnya, Sabtu (22/1/2022).

Ia juga merupakan Dewan yang dikenal luas dikalangan pemuda Balangan, karena ia begitu aktif di berbagai kegiatan kepemudaan dan juga sering menshare kegiatan kedinasan di akun pribadinya.

"Fokus kita saat ini selain dalam kewenangan dewan di Legeslasi, Budgeting, dan monitoring adalah pada tupoksi di Komisi 2. Yaitu Membangun Pertanian di Balangan, pembangunan di bidang kepemudaan, pariwisata dan kemajuan olahraga," pungkasnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama