Vaksinasi Dosis I Petugas Pelayanan Publik di Tamban Catur Rampung

Vaksinasi Dosis I Petugas Pelayanan Publik di Tamban Catur Rampung

KUALA KAPUAS, MK - Vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik dan kelompok lanjut usia (lansia) di wilayah Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas untuk suntik dosis pertama, kini sudah mencapai 100 persen.

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan di Aula UPT Puskesmas Tamban Baru, Kecamatan Tamban Catur dengan target vaksinasi tahap satu yakni tenaga kesehatan sebanyak 1 orang, petugas pelayanan publik 28 orang dan lansia 1 orang.

Kepala Puskesmas Tamban Baru, Suguyanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Vaksinasi Covid-19 Puskesmas Tamban Baru atas kerjasamanya sehingga target vaksinasi Covid 19 putaran pertama dapat tercapai 100 persen.

“Kami juga berterima kasih atas Koordinasi Lintas Sektoral dan semoga di putaran II program vaksinasi ini juga sukses,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi menyampaikan, vaksinasi tahap kedua di Kapuas untuk saat ini, akan diprioritaskan terlebih dahulu bagi warga lanjut usia (lansia) dan guru atau tenaga pendidik.

"Vaksin kita yang dikirim dari pusat terbatas dan sangat terbatas. Sehingga prioritas adalah untuk lansia 
dan tenaga pendidik," kata Apendi.

Lansia dinilai memiliki risiko besar bila terpapar Covid-19. Selain itu akan dilakukan vaksinasi bagi guru. Hal itu dilakukan untuk mencapai target pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2021 mendatang.

"Karena bulan Juli diperkirakan belajar tatap muka.Jadi tenaga pengajar itu yang wajib untuk divaksin," kata Apendi.

Untuk porsinya adalah 60 persen vaksin untuk lansia dan 40 persen vaksin untuk tenaga pendidik mulai jenjang PAUD, SD, SLTP dan SLTA sederajat.

Mengingat vaksinasi saat ini masih belum menyeluruh, dan pandemi masih belum berakhir, pihak Dinkes Kapuas menandaskan agar protokol kesehatan  agar lebih ketat dilakukan, khususnya agar tidak kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.[anshari]
Lebih baru Lebih lama