Dispora Pulpis Usulkan Kelanjutan Pembangunan GOR

Dispora Pulpis Usulkan Kelanjutan Pembangunan GOR

PULANG PISAU, MK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat telah mengusulkan lanjutan pembangunan Gedung Olah Raga atau GOR di Jalan Panunjung Tarung, Kota Pulang Pisau kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng.

Itu disampaikan Kepala Dispora Pulpis Sukarja melalui Kepala Bidang Peningkatan Prestasi o
olahraga, Evie Ferenita, Kamis (27/5/2021).

"Ya kami telah mengusulkan kelanjutan pembangunan GOR ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Diharapkan usulan itu dapat dikabulkan pihak Provinsi," ucap Evie sapaan akrabnya.

Ia mengungkapkan usulan yang diajukan pihaknya berjumlah sekitar 3 miliar dengan rincian pembangunan  hingga selesai 100 persen.

Namun, lanjutnya, Dispora Pulang Pisau sendiri tidak harus usulan tersebut dapat dipenuhi sepenuhnya. Tetapi pihaknya hanya berharap usulan itu dapat dikabulkan semampu Pemprov Kalteng menganggarkan.

"Intinya kami (Dispora) tidak menuntut banyak. Kami hanya berharap usulan itu dapat dipenuhi, seberapa kemampuan Pihak Provinsi agar pembangunan GOR tersebut terus berlanjut," katanya.

Diketahui pembangunan GOR tersebut dibangun menggunakan dana APBN pada tahun 2019. Kemudian di tahun 2020 dilanjutkan untuk menyelesaikan bangunan bagian atas dengan dana APBD.

Untuk tahun 2021 sendiri, tambahnya, Pemkab Pulang Pisau belum dapat menganggarkan dana lanjutan pembangunan GOR tersebut. 

"Kita (Dispora) sebenarnya sudah mengusulkan untuk kelanjutan pembangunan di tahun 2021 melalui APBD, dengan perencanaan sampai 80 persen. Namun sepertinya belum bisa dikabulkan," katanya.

Ia sedikit menjelaskan, pada tahun 2020 pembangunan GOR tersebut telah dianggarkan sebesar 1 miliar lebih dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Anggaran tersebut, ungkapnya, hanya dapat digunakan untuk pekerjaan atap dan sebagian struktur gedung lainnya.

"Harapan kita tahun ini kembali dapat anggaran hingga GOR ini dapat fungsional, paling tidak sampai 80 persen. Rencananya GOR tersebut nantinya dapat mengembangkan bakat, dan minat olahraga masyarakat termasuk atlet Pulang Pisau khususnya untuk enam cabang olahraga yaitu lapangan bulu tangkis, sepak takraw, bola voly, basket, tenis dan futsal," bebernya.

"Kita akan berupaya dalam perubahan nanti Pemkab Pulpis dapat menganggarkan dana untuk kelanjutan pembangunan GOR," tukasnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama