PAD Kotabaru Belum Mendorong Peningkatan Daerah

PAD Kotabaru Belum Mendorong Peningkatan Daerah

KOTABARU, MK - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kotabaru dinilai belum bisa mendongkrak penambahan bagi daerah Kabupaten Kotabaru, sehingga anggota DPRD Kotabaru memberikan rekomendasi perbaikan kepada pemerintah daerah.

Ini disampaikan melalui Rapat Paripurna tentang atas Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPj) Bupati tahun 2020 di ruang Rapat Paripurna DPRD Kotabaru, Selasa (20/4/2021).

40 poin rekomendasi tentang atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) yang disampaikan oleh anggota DPRD Kotabaru, saat ini menjadi sorotan masalah infrastruktur jalan sampai saat ini masih banyak yang rusak, dan pengelolaan retribusi parkir di tempat objek wisata Siring Laut sehingga PAD sampai kini belum maksimal.

Wakil Ketua I DPRD Kotabaru, H Mukhni AF usai Rapat Paripurna menjelaskan, rekomendasi LKPj Bupati tahun 2020 tentang penyampaian dua buah Raperda masa persidangan III rapat ke-5 Tahun Sidang 2020/2021.

"Dengan acara laporan hasil pelaksanaan masa reses anggota DPRD kabupaten kotabaru tahap I tahun 2021," ujar Mukhni.

Mukhni menambahkan, memang untuk PAD perparkiran wisata di Siring Laut Kotabaru masih belum maksimal untuk pengelolaannya, tapi untuk warung sudah lumayan bagus buat Pendapatan Asli Daerah.

"Buat pungutan untuk pajak pengusaha sarang burung walet juga sudah bisa menambah PAD kita, kemudian masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh pemerintah, baik itu dikelola langsung atau melalui desa setempat," ucapnya.

Politisi fraksi Partai Golkar ini menginginkan pemerintah daerah agar lebih kreatif dalam menggali potensi-potensi tersebut, agar PAD dapat meningkat, di antaranya menumbuhkembangkan usaha di daerah seperti UMKM.

"Seharusnya pemerintah dapat mempromosikan daerah kita melalui media-media yang ada, sebab daerah kita tidak kalah keindahan pariwisatanya dengan daerah lainnya di Indonesia dan ini bisa dijual," kata Mukhni.

DPRD Kotabaru berharap pelaksanaan pembangunan di Kotabaru ini bisa maju melalui sinergitas dari semua pihak dengan berinovasi dan kreatif.

"Sebab masih banyak lagi perbaikan yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah, yakni insfratruktur jalan di kecamatan, yang selama ini tidak bertahan lama kini kembali rusak, pembangunan perpustakaan kecamatan yang kurang fasilitas pendukungnya, dan yang lainnya kini menjadi PR kita bersama," harapnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama