Masih Pandemi, Upacara HBP Ke-57 Digelar Sederhana

Masih Pandemi, Upacara HBP Ke-57 Digelar Sederhana

KOTABARU, MK - Bersama jajaran, Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru, Hidayat mengikuti upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 secara virtual yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Selasa (27/4/2021).

Bertindak sebagai inspektur upacara Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam). Digelar secara virtual, upacara tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Dayat mengatakan, kegiatan peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 tahun ini mengusung tema “Adaptasi Akselerasi, Pemasyarakatan Pasti Maju”

“Over kapasitas dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kotabaru merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh sistem," katanya.

Menteri Hukum dan HAM mengeluarkan Permenkumham nomor 10 tahun 2020 dan diperbaharui dengan Permenkumham nomor 32 tahun 2020 tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi.

Selain itu, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat bagi Narapidana (Napi) dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran pandemi Covid-19 juga sebagai salah satu upaya pengurangan over kapasitas.

Menurut Dayat, walaupun upacara peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-57 digelar secara virtual, tidak menyurutkan semangat dan kehikmatan setiap peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama