Bupati Ampera Sampaikan Ini di Bimtek Penatausahaan dan Pelaporan Keuangan

Bupati Ampera Sampaikan Ini di Bimtek Penatausahaan dan Pelaporan Keuangan

TAMIANG LAYANG, MK - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar bimbingan teknis penatausahaan dan pelaporan keuangan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah atau SIPD bagi pengelola keuangan daerah, Jumat (19/3/2021).

Adapun narasumber dalam kegiatan yang digelar di GPU Mantawara Tamiang Layang tersebut yaitu Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Horas Maurits Panjaitan beserta stafnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Bartim Ampera AY Mebas menyampaikan bahwa Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 tahun 2020 mengamanahkan pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah meliputi perencanaan, penganggaran pelaksanaan penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban
dan pengawasan keuangan daerah.

"Dalam hal ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, baik tingkat Provinsi, Kota maupun Kabupaten diwajibkan menyusun perencanaan dan pengelolaan anggaran yang akan dilaksanakan dalam satu tahun ke depan. Dalam pengelolaan keuangan daerah, cara dan pola baru merupakan tuntutan agar melakukan pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik bagi kepentingan publik," ujarnya.

Tuntutan tersebut, lanjutnya, meliputi laporan keuangan dan transparansi informasi anggaran
kepada publik.

"Demi meningkatkan kinerja aparatur sipil negara dalam menjalankan organisasi pemerintahan, khususnya bidang pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten Barito Timur bersama dengan Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri
menyelenggarakan bimbingan teknis ini," ungkapnya.

Ia berharap, bimtek yang digelar selama dua hari itu dapat meningkatkan wawasan serta informasi terkait SIPD bagi peserta bimtek sehingga dapat mengimplementasikan dalam tugas sebagai pengelola keuangan daerah sesuai aturan yang berlaku.

"Saya berpesan agar semua peserta dapat mengikuti
kegiatan ini secara seksama hingga selesai dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan dan imunitas tubuh yang kuat sehingga tujuan kegiatan ini tercapai serta seluruh peserta kembali dalam kondisi sehat," tandasnya.

Hal senada juga juga diungkapkan oleh Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Bartim, Misnohartaku menyampaikan harapannya agar peserta bimtek bersemangat mengikuti kegiatan tersebut.

"Karena ini dilaksanakan selama 2 hari, materinya banyak dan kegiatannya hingga jam 21 malam, saya berharap peserta tetap semangat. Karena, kalau nanti hasilnya tidak maksimal kami sebagai bendahara umum daerah yang akan kesulitan kerena penginputan dan penatalaksanaan keuangan dilaksanakan SKPD masing-masing," jelasnya.

Bimtek diikuti oleh pejabat penatausahaan keuangan, Kasubbag Perencanaan, Kasubbag Keuangan serta bendahara pengeluaran se Kabupaten Bartim.[rama]
Lebih baru Lebih lama