Bupati Balangan Resmikan Gedung Pengelola Kebun Raya

Bupati Balangan Resmikan Gedung Pengelola Kebun Raya

PARINGIN, MK - Bupati Balangan H Ansharuddin meresmikan Gedung Pengelola Kebun Raya Balangan sekaligus melakukan penyerahan Piala dan Piagam Penghargaan Innovation Government Award (IGA) 2020.

Pada kegiatan yang dipusatkan Kebun Raya Balangan, Komplek Perumahan Garuda Maharam Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Senin (8/2/2021) ini, Ia juga melakukan penanaman pohon kehormatan bersama Forkopimda.  

Ansharuddin mengatakan, pembangunan gedung pengelola kebun raya tahun anggaran 2020 ini berhasil rampung di tahun 2021 sesuai dengan perencanaan dari Dinas PUPR Kabupaten Balangan.

"Karena diketahui sebelumnya anggaran dana yang sebenarnya akan digunakan untuk pembangunan gedung dialihkan menjadi dana pembiayaan terhadap penanganan pandemi Covid-19 yang melanda wilayah Kabupaten Balangan," ujarnya.

Tak hanya itu, di sela peresmian gedung Ansharuddin juga menyerahkan sejumlah piagam penghargaan berupa inovasi kepada beberapa instansi pemerintah yang dikoordinir oleh Balitbangda setempat. 

"Kita berharap bahwa instansi ini jangan merasa bangga dengan penghargaan-penghargaan sekarang yang tentu saja kita harapkan adalah inovasi apa yang akan dilakukan selanjutnya untuk kemajuan Kabupaten Balangan," harap Ansharuddin. 

Sementara itu, Kepala Balitbangda Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Amin turut mengapresiasi adanya kebun raya milik Kabupaten Balangan.

Ia berharap dengan adanya kebun raya ini mampu menambah RTH di Balangan dan bisa menjadikan sarana untuk pendidikan, penelitian, destinasi dan rekreasi wisata bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Balangan.

"Kami dari provinsi yang juga memiliki Kebun Raya Banua sangat mendukung dan mengapresiasi adanya Kebun Raya Balangan dan ditambah fasilitas pengelola kebun raya ini, karena Kebun Raya Balangan ini adalah satu-satunya kabupaten di Kalsel yang sudah memiliki kebun raya," tuturnya.

Di samping itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus menyampaikan bahwa gedung pengelola kebun raya ini telah di bangun di atas tanah sekitar 405 meter persegi dengan jumlah bangunan yang berisikan dua lantai.

Tuhalus mengatakan, dari keseluruhan ada dua kegiatan yang belum dibangun yaitu pembuatan garden shop dan restoran sehingga hal ini menunda beberapa kegiatan di bawah lainnya baik itu pengaspalan maupun pembuatan pintu gerbang. 

"2022 akan kita anggarkan kembali untuk dua kegiatan dan pengaspalan serta pintu gerbang. Progres untuk pembangunan fisik gedung kebun raya ini hanya 40 persen karena hanya ada dana tujuh miliar dari 17 miliar yang kita anggarkan di sini," pungkasnya.[agus]

Lebih baru Lebih lama