Realistis dan Pro Rakyat, Program Kerja Sugianto-Edy tak Diragukan Lagi

Realistis dan Pro Rakyat, Program Kerja Sugianto-Edy tak Diragukan Lagi

PULANG PISAU, MK -  Program kerja pasangan calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur Kalteng nomor urut 02, H Sugianto Sabran dan H Edy Pratowo (Sugi-Edy) dinilai lebih realistis dan pro rakyat.

Program tersebut bukan isapan jempol, tetapi sudah dilaksanakan selama Sugianto memimpin Kalteng dalam kurun waktu kurang 4,5 tahun ini.

Begitu pun Edy Pratowo saat memimpin Kabupaten Pulang Pisau di periode pertama dan keduanya sebelum maju sebagai Cawagub mendampingi Sugianto di Pilkada Kalteng tahun 2020.

"Artinya, kedua Paslon ini sudah menjalankan program-program sesuai realita yang sudah dirasakan masyarakat Kalteng secara umumnya, terutama pada program bantuan sosial (bansos) kemasyarakatan dengan anggaran untuk pembangunan infrastruktur," ucap Ketua Tim Kampanye Pemenangan Sugi-Edy, H Ahmad Rifa'i kepada sejumlah awak media, Senin (29/11/2020).

Menurut Rifa'i, program realita yang sudah dirasakan masyarakat Kalteng tersebut dapat diamati melalui program kerja dan visi-misi Paslon Sugi-Edy, khususnya di bidang bansos dan infrastruktur.

"Jadi, program sudah berjalan sebelum keduanya maju sebagai Paslon Cagub dan Cawagub Kalteng. Sugianto ditingkat provinsi dan Edy Pratowo ditingkat kabupaten saat masing-masing memimpin," katanya.

Saat kembali maju sebagai calon petahan didampingi Edy Pratowo program kerja dan visi-misi yang disusun tim Sugianto-Edy kembali dilakukan. Contohnya di bidang bantuan sosial, Paslon telah memprogramkan bantuan keuangan sebesar Rp 100 juta per desa untuk 1.432 desa yang ada di Kalteng.

Kemudian, lanjutnya, ada bantuan penunjang usaha perikanan, asuransi, membangun kampung nelayan, Infrastruktur jalan dan fasilitas umum di kampung nelayan sebesar Rp17,4 miliar untuk 25.000 penerima.

"Lalu, bantuan pendidikan mulai tingkat SD hingga S3 untuk 78.474 orang sebesar Rp 60,5 miliar, dan bantuan pendidikan Bidan, Perawat Spesialis, Dokter Spesialis dan Sub spesialis untuk 310 orang, serta bantuan operasional untuk 1.000 Guru di Daerah Terpencil sebesar Rp5,25 miliar," terang Rifa'i yang saat ini sebagai Ketua DPRD Pulpis.

Secara individu, tambah Rifa’i, paslon Sugi-Edy juga menyiapkan bantuan pangan untuk 42.000 Kepala Keluarga sebesar Rp 2,4 juta per kepala keluarga (KK).

Kemudian lagi, katanya, Paslon nomor urut 2 Sugi-Edy juga menyediakan Perlindungan Kesehatan, yakni bantuan iuran BPJS yang saat ini sudah mengcover  598.515 orang. Selain itu, ada layanan Kelas 3 di seluruh rumah sakit wajib digratiskan.

"Sehingga program kerja paslon Sugianto-Edy ini lebih terukur, tepat sasaran dengan menyesuaikan kemampuan anggaran daerah yang tersedia dipadukan komitmen bantuan sosial dari pemerintah pusat. Jadi, masyarakat harus paham, mengelola anggaran daerah itu tidak bisa sembarangan. Ada aturan yang harus ditaati, kalau melanggar aturan programnya batal," pungkasnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama