Pemkab Tanbu Upayakan Berobat Gratis dengan Sidik Jari

Pemkab Tanbu Upayakan Berobat Gratis dengan Sidik Jari

BATULICIN, MK - Syukuran peringatan HUT Ke-56 Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh setiap tanggal 12 Nopember digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu (Tanbu) di halaman Kantor Dinkes, Senin (23/11/2020).

Kepala Dinkes Tanbu, H Setia Budi mengatakan, peringatan HKN ke-56 dikemas sederhana. Ini untuk menghindari social distancing serta penerapan protokol kesehatan.

"Biasanya kita memperingati HUT Hari Kesehatan Nasional dengan mengelar lomba. Sekarang lomba ditiadakan, jadi acaranya ini hanya seremonial saja, dengan melakukan syukuran," terang Budi. 

Sementara itu, Bupati Tanbu, H Sudian Noor mengatakan, dalam memudahkan pelayanan kesehatan baik di Puskesmas ataupun Rumah Sakit akan dibuktikan cukup dengan sidik jari.

Menurut Sudian, pada sidik jari itu data warga sudah terekam dalam E- KTP tersebut. Otomatis warga yang sudah menjadi kepesertaan BPJS Kesehatan sudah terintegrasikan di dalam data itu.

"Jadi hal ini akan memudahkan warga yang cukup menempelkan sidik jari atau hanya membawa diri sendiri ketika berobat, sementara data yang terintegrasi sudah terkoneksi ke loket pelayanan," jelasnya.

Misal, lanjutnya, ada orang kecelakaan, kerena tak ada indentitas maka akan terbantukan, cukup dengan sidik jari. 

"Di situ akan kelihatan dia terdaftar atau tidak sebagai kepesertaan BPJS Kesehatan, atau kalau dia bukan peserta BPJS maka solusinya adalah dana pendamping JKN,” paparnya.

Terkait rencana penggunaan pelayanan BPJS Kesehatan melalui sidik jari tersebut, saat ini sedang dalam proses permohonan kepada Ditjen Adminduk Catatan Sipil.

“Diharapkan rencana pelayanan kesehatan melalui sidik jari itu disetujui oleh Ditjen Adminduk Capil sehingga pelayanan kesehatan di Kabupaten Tanah Bumbu akan serba mudah," bebernya.

Di momen HKN ini, Sudian juga menyambut kedatangan 9 dokter Interenship. Ia juga menyerahkan 1 unit mobil ambulans bagi Puskesmas Pulau Tanjung Kecamatan Kusan Hilir, serta 1 unit motor untuk Puskesmas Teluk Kepayang.[joni]
Lebih baru Lebih lama