Menuju Tepat Sasaran, KP3 Tanbu Gelar Pembinaan Pengawasan Pupuk

BATULICIN, MK - Pembinaan pengawasan pupuk bersubsidi dan pestisida dilakukan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Tanah Bumbu (Tanbu) kepada pemilik kios resmi yang menjual pupuk bersubsidi dan non subsidi, Selasa (15/09/2020).

KP3 sendiri terdiri dari Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, serta Bagian Perekonomian SDA dan Administrasi Pembangunan Setdakab Tanbu.

Ketua KP3 Tanbu, H Rooswandi Salem melalui Sekretaris Dinas Pertanian, Lamijan mengatakan, fokus pembinaan pengawasan ini adalah memberikan pengawasan terhadap penyaluran pupuk bersubsidi.

Ini agar dalam penggunaanya tepat sasaran, yaitu kepada kelompok tani perkebunan yang mengajukan usulan mendapatkan pupuk bersubsidi melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Selain pupuk bersubsidi, KP3 Tanbu juga melakukan pengawasan terhadap pestisida yang beredar dari masa kedaluwarsa atau expired.

“Kegiatan hari ini adalah memonitor penyebaran pupuk bersubsidi baik dari kios resmi yang menyediakan pupuk bersubsidi maupun non subsidi,” tuturnya.

Pada kesempatan itu pula, sambung Lamijan, pihaknya mengimbau kepada pemilik kios selain menyediakan pupuk subsidi harus pula menyediakan pupuk non subsidi.

“Ketika petani perlu pupuk maka sudah tersedia,” ucapnya.

KP3 juga memberikan pembinaan administrasi dan pelaporan peredaran pupuk bersubsidi kepada pemilik kios.[joni]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar