Antisipasi Dini Karhutla, Petugas Gabungan Patroli Terpadu

Antisipasi Dini Karhutla, Petugas Gabungan Patroli Terpadu

KUALA KAPUAS, MK - Memasuki musim kemarau, Kebakaran Hutan dan Lahan atau Karhutla yang menyebabkan kabut asap menjadi ancaman yang perlu diwaspadai. Untuk itu, petugas gabungan melakukan patroli terpadu di Desa Manuntung, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Sabtu (8/8/2020).

Petugas yang turun ke lapangan, yakni Bripka Arta Perdana, Bhabinkamtibmas Polsek Kapuas Murung bersama Bhabinsa serta Manggala Agni Daops Kapuas.

Usai giat itu, Bripka Arta menyampaikan, patroli terpadu ini bertujuan mengantisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan.

"Oleh sebab itu saya bersama tim gabungan harus mensosialisasikan kepada warga, terutama yang memiliki lahan kebun maupun persawahan," kata Arta.

Saat patroli, pihaknya juga menjelaskan apa saja yang rawan akan Karhutla seperti lahan milik warga yang tidak dibersihkan, pohon galam, rumput ladingan, pakis dan semak belukar serta lahan yang jenis tanah gambut tipis. 

"Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat bagi warga, dan dapat mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku untuk menjaga Kecamatan  Dadahup, khususnya Desa Manuntung dari Karhutla," tukasnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama