Di Tengah Covid-19, Siswa Teknik Alat Berat SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru Jalani UKK Virtual

Di Tengah Covid-19, Siswa Teknik Alat Berat SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru Jalani UKK Virtual

BANJARBARU, MK - Uji Kompetensi Keahlian (UKK) online digelar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhakti Bangsa Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (6/7/2020). 

Ujian yang dilangsungkan secara virtual dan didukung PT. United Tractors (UT) Tbk Cabang Banjarmasin ini digelar selama dua hari, 6 hingga 7 Juli 2020.

Seluruh peserta didik jurusan Teknik Alat Berat mengikuti ujian virtual dengan Penguji langsung dari PT. United Tractors serta disaksikan oleh Pengawas Pembina dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaa (Disdikbud) Provinsi Kalsel.

Peserta ujian sendiri merupakan siswa SMK Bhakti Bangsa yang duduk di kelas XII.

Kepala SMK Bhakti Bangsa Banjarbaru, Kartikawati S.Pd MM mengungkapkan, dengan dilaksanakannya UKK ini diharapkan siswa akan mendapatkan softskill dan hardskill sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

Kepala sekolah yang akrab disapa ibu Tika ini berharap dengan memiliki kompetensi keahlian akan menjadi bekal yang cukup untuk berkompetisi di dunia kerja.

"Harapan kami dengan dilaksanakannya UKK ini akan menjadi bekal mereka untuk sukses di masa yang akan datang. Dan menjadi nilai tambah, ketika mereka bergabung di suatu perusahaan," jelasnya.

Sejatinya kegiatan belajar mengajar sudah selesai, mengingat para siswa kelas XII ini sudah dinyatakan lulus dari SMK Bhakti Bangsa. 

"Tetapi kami tetap melaksanakan UKK, untuk penguatan kompetensi siswa" imbuh Kartika.

Salah seorang peserta UKK, Wandi mengaku lebih santai mengikuti UKK secara virtual ini. Selain tidak terlalu gugup lantaran tidak tatap muka langsung, materi yang diujikan juga sudah cukup dipahami dan dipelajari sebelumnya baik di sekolah maupun di PT. United Tractors sebelum pandemi Covid-19.

"Saya cukup tenang , karena cukup memahami dan mempelajari materi yang diajarkan. UKK secara virtual ini menjadi pengalaman pertama karena tidak langsung bertatap muka dengan penguji," pungkas Awandi.

Terakhir, Kepsek Kartika menyampaikn terima kasih yang tak terhingga kepada tim dan manajemen PT. United Tractors yg mensupport kegiatan UKK virtual ini.[renaldy/advertorial]

Lebih baru Lebih lama