Sempat Bertemu Pasien Positif Covid-19, Puluhan Warga Tahai Jaya Dikarantina

PULANG PISAU, MK - Akibat pernah bertemu dengan pasien positif Covid-19, puluhan warga Desa Tahai Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau dikarantina secara mandiri.
Dikatakan juru bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Pandemi Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Muliyanto Budihardjo, sedikitnya terdata sebanyak 19 warga Desa Tahai Jaya masuk sebagai orang dalam pemantauan atau ODP Covid-19.
"Ke-19 warga Tahai Jaya itu sebelumnya pernah bertemu dengan salah satu pasien yang berada di Palangka Raya yang saat ini dinyatakan positif Covid-19. Saat ini kesemuanya telah bersedia dikarantina secara mandiri," ujar dr Mul begitu sapaan akrabnya saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Rabu (25/3/2020).
Diungkapkan dr Mul, sebelumnya salah satu pasien yang dinyatakan positif terserang Covid-19 dari Palangka Raya pernah bermalam di Desa Tahai Jaya dan bertemu dengan 19 warga desa yang saat ini sudah menjalani karantina.
"Pasien positif itu bermalam pada 11 sampai 13 Maret 2020. Karena itu dengan cepat kita lakukan  tracking untuk melacak siap-siapa saja yang pernah bertemu dengannya, dan akhirnya ditemukan sebanyak 19 orang," terangnya.
Saat ini, tambah dr Mul, ke-19 orang warga desa tersebut sudah dikarantina secara mandiri di rumah masing-masing, dan telah dibentuk Satgas desa dan posko sebagai tempat pemantauannya.
"Untuk kebutuhan seluruh warga yang dikarantina selama 14 hari ke depan telah dijamin Pemkab Pulang Pisau," katanya.
Untuk menghindari penyebarannya, Gugus Tugas Covid-19 Pulang Pisau terus mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya bagi pedagang yang berada di pasar rakyat Desa Tahai Jaya agar ditutup sebagaimana bentuk kerja samanya untuk pemutusan mata rantai pandemi Covid-19.[manan]

loading...
TAG