Sambut BPK, Pemkab Kapuas Gelar Rapat Persiapan

Sambut BPK, Pemkab Kapuas Gelar Rapat Persiapan

KUALA KAPUAS, MK - Sebagai persiapan pemantapan pemeriksaan pendahuluan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah yang  dijadwalkan pada minggu ke-3 Januari 2020, Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar rapat.
Rapat pertemuan penyusunan laporan keuangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2019 ini dilangsungkan di Aula Bappeda, Selasa (21/1/2020).
Rapat dipimpin Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor dan didampingi Pj Sekretaris Daerah Kapuas Andres Nuah, Inspektur Kabupaten Kapuas Heri Wibowo, Kepala BPKAD Kapuas Yan Hendri Ale.
Rapat ini dihadiri camat se-Kapuas, seluruh kepala perangkat daerah, pejabat penatausahaan keuangan (PPK), kuasa pengguna anggaran (KPA), bendahara penerimaan, bendahara pengeluaran serta pengurus barang pada masing-masing perangkat daerah.
Pada kesempatan ini Nafiah menekankan, dengan persiapan pemantapan ini dapat menjadikan Kabupaten Kapuas meraih kembali penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 
Dikatakannya, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sebagai salah satu upaya meminimalisir temuan BPK-RI yang akan berpengaruh pada opini laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Kapuas tahun anggaran 2019.
"Kepada seluruh perangkat daerah untuk mempersiapkan laporan kegiatan keuangan," tandas Nafiah.
Nantinya, lanjut Nafiah, akan dievaluasi sehingga tidak terdapat kesalahan saat dilakukan pemeriksaan.
“Gunakan dana dengan efektif dan seefisien mungkin, serta persiapkan laporannya dengan sesuai dan betul sehingga tidak terjadi kesalahan saat dilakukan pemeriksaan oleh pihak terkait,” pinta Nafiah.
Sementara, Pj Sekretaris Daerah Andres Nuah mengatakan, terkait laporan keuangan agar bagi perangkat daerah yang masih belum menyampaikan laporan keuangan segera menyelesaikannya sehingga tidak terhambat lagi oleh jadwal yang dibatasi.
Sementara, Inspektur Kapuas Heri Wibowo menyampaikan agar setiap kepala perangkat daerah mempersiapkan dokumen-dokumen yang akan diperiksa.
"Diharapkan saat dilakukan pemeriksaan nanti oleh BPK-RI setiap jajaran yang bersangkutan selalu hadir," kata Wibowo.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama