Situs Batu Buhai Berusia 300 Tahun di Kapuas, Simpan Sejarah dan Misteri

Situs Batu Buhai Berusia 300 Tahun di Kapuas, Simpan Sejarah dan Misteri

KUALA KAPUAS, MK - Terletak di sebuah desa di pinggiran Kota Kuala Kapuas, terdapat sebuah situs menyimpan cerita sejarah dan misteri Suku Dayak yang belum banyak diketahui bahkan nyaris tak ada referensi yang bisa ditemukan di internet. 
Batu Buhai, begitulah nama yang kini disebut oleh masyarakat setempat. Situs batu keramat konon diperkirakan telah berusia 300 tahun berada tepatnya di Handil Basirih, RT 07, Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.
Iyang, salah satu tokoh masyarakat setempat menceritakan sejarah Batu Buhai. Di mana cerita itu diketahui dari orangtuanya yang dulunya adalah kepala handil di lokasi itu.
"Ya menurut cerita orangtua, sejarah batu ini sekitar 300 tahun lalu terjadi zamannya perang suku. Disini masyarakatnya ketakutan  akan diserang," tutur pria paruh baya ini, Selasa (21/1/2020).
Diceritakan ada seorang bernama Tandang seorang Damang mememukan batu itu saat menjala ikan di sungai. Konon menurut cerita batu itu dipercaya bisa menjelma menjadi pasukan menyerupai manusia dan melindungi warga dari serangan musuh. Batu Buhai diyakini menjaga lewu (kampung) dari segala bencana.
Kepala Desa (Kades) Sungai Asam, Masrawan membenarkan adanya situs Batu Buhai di desanya.
"Sebagai bagian dari pemerintah desa dan masyarakat, bisa kami beritahukan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kapuas, bahwa di tempat kami ini ada satu potensi wisata kedaerahan yang mempunyai nilai kultural dan adat istiadat yang cukup tinggi, yakni Batu Buhai," kata Masrawan.
Menurut Masrawan, selama ini banyak orang dari berbagi daerah datang dan berkunjung ke situs Batu Buhai tersebut.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama