Pemkab Pulang Pisau Peringati Hari Otonomi Daerah XXVIII dan Hardiknas 2024

Pemkab Pulang Pisau Peringati Hari Otonomi Daerah XXVIII dan Hardiknas 2024

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), memperingati Hari Otonomi Daerah XXVIII sekaligus dirangkai dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024.

Kedua momentum peringatan tersebut diperingati dengan menggelar upacara bendera di halaman kantor bupati daerah setempat, Jumat (3/5/2024).  

Upacara dipimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani dan diikuti para pejabat, ASN dan TKHL dilingkup Pemkab Pulang Pisau.

Hari Otonomi Daerah ke XXVIII pada tanggal 25 April 2024 kali ini mengusung tema: “Otonomi 
Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan 
Lingkungan Yang Sehat”. 

Tema Hari Otonomi Daerah ke XXVIII ini sendiri dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan SDA dan lingkungan hidup di tingkat lokal serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

"Perjalanan kebijakan otonomi daerah selama lebih dari seperempat abad merupakan momentum yang tepat bagi kita semua untukmemaknai kembali arti, filosofi dan tujuan dari otonomi daerah," ucap Nunu pada poin arahan Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

Dikatakan, otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dengan filosofi otonomi daerah dilandaskan pada prinsip-prinsip dasar yang tertuang dalam pasal 18 UUD 1945. 

"Berangkat dari prinsip dasar inilah, otonomi daerah dirancang untuk mencapai 2 tujuan utama termasuk di antaranya tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi," sebut Nunu.

Selanjutnya, di momentum Hardiknas 2024 kali ini, Pj Bupati Pulang Pisau menyampaikan pidato Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, bahwa dengan penuh harapan saya titipkan Merdeka Belajar pada anda semua, para penggerak perubahan yang tidak mengenal kata menyerah untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan.

"Selamat Hardiknas 2024. Mari terus bergotong royong menyemarakan dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar," ucapnya.[manan]
Lebih baru Lebih lama