Kasus DBD Menurun, Kadinkes Himbau Warga Masyarakat Tetap Jaga Kesehatan dan Lingkungan

Kasus DBD Menurun, Kadinkes Himbau Warga Masyarakat Tetap Jaga Kesehatan dan Lingkungan

PULANG PISAU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina menyebut bahwa saat ini kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) menurun.

Meski begitu, katanya, masyarakat diharapkan tetap waspada. Sebab, sebut pande, curah hujan  saat ini masih tinggi sehingga curah tidak menutup kemungkinan kasus DBD kembali meningkat.

"Diantara langkah memutus mata rantai penyebaran penyakit DBD dengan menjaga lingkungan sekitar dan menerapkan 3 M, yakni Menguras, Menutup dan Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang) selain bisa juga dengan melakukan foging," sebutnya, Jumat 3 Mei 2024.

Selain itu, tambah Pande, dengan menaburkan obat abate dalam penampungan air yang sulit dibersihkan dan tidak menggantung pakaian didalam rumah serta membersihkan bagian rumah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk juga merupakan salah satu cara melakukan pembasmian nyamuk DBD.

"Jadi, dalam hal ini peran serta masyarakat juga sangat diperlukan dalam memberantas nyamuk di DBD sampai dengan ke telurnya," katanya

Sebelumnnya, tercatat sebanyak 107 kasus DBD yang terjadi di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dalam beberapa bulan yang lalu.[manan]
Lebih baru Lebih lama