Pemprov Kalteng Gelar Pasar Murah Serentak di Kota Palangka Raya

Pemprov Kalteng Gelar Pasar Murah Serentak di Kota Palangka Raya

PENYERAHAN beras subsidi kepada masyarakat secara simbolis.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) kembali menggelar pasar murah di Kelurahan Palangka.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalteng, bertempat di halaman Kantor Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya, Sabtu (6/4/2024).

Masih dalam rangkaian program Kalteng Berbagi Berkah, kembali Pemprov Kalteng menggelar kegiatan pasar murah tahap II dan penyaluran bantuan beras subsidi secara serentak di wilayah Kota Palangka Raya.

Kaban BPSDM Kalteng Rahmawati mengatakan, sesuai arahan Gubernur Kalteng bahwa menyambut hari raya Idul Fitri. pada hari ini pasar murah dibuka secara serentak diseluruh Kecamatan di wilayah Kota Palangka Raya.

Dikatakannya bahwa pelaksanaan pasar murah ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka menekan kenaikan laju inflasi yang terjadi dan membantu daya beli masyarakat, terutama menjelang hari raya Idul Fitri.

"Mudah-mudahan dengan adanya pasar murah dan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Disdagperin ini bisa meringankan beban bapak ibu sekalian terutama menjelang hari raya Idu Fitri ini," tukasnya.

Senada dengan itu, Kadis Kominfosantik Kalteng Agus Siswadi mengatakan bahwa total bantuan yang disalurkan secara serentak melalui pasar murah diseluruh kecamatan wilayah Kota Palangka Raya sebanyak 270 ton beras subsidi atau 27.000 paket beras premium 10 kg.

Dijelaskannya pula bahwa pada pasar murah hari ini disalurkan beras premium 10 kg seharga Rp175.000, disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp155.000, sehingga masyarakat hanya membayar sebesar Rp20.000, per paket.

"Diharapkan adanya program pasar murah ini bisa membantu meringankan beban masyarakat kita, terutama menyambut hari raya Idulfitri dimana selama beberapa bulan terakhir harga beras tinggi," ucapnya.

"Supaya tidak salah sasaran, kegiatan ini ditangani langsung oleh Kelurahan Palangka, karena pihak Kelurahan yang tahu persis siapa saja yang berhak menerima bantuan ini," pungkasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama