Pemerintah Daerah Dorong Sekolah-sekolah di Kapuas Wujudkan Adiwiyata

Pemerintah Daerah Dorong Sekolah-sekolah di Kapuas Wujudkan Adiwiyata

PEMKAB dan Kemenag Kapuas teken kerjasama dukungan sekolah Adiwiyata.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalteng mendorong agar sekolah-sekolah di wilayah itu mampu menjadi sekolah Adiwiyata. Ini agar budaya cinta lingkungan dapat diterapkan warga sekolah dalam keseharian.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas, Karolinae mengatakan, saat ini pihaknya tengah menginventarisir calon-calon sekolah Adiwiyata.

"Kemaren kita juga sudah melaksanakan penandatangan nota kesepahaman  dengan Kantor Kemenag Kapuas terkait dukungan program sekolah Adiwiyata," kata Karolinae, Jumat (19/4/2024).

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan setempat untuk program sekolah Adiwiyata, termasuk kerjasama dengan pihak ketiga.

Diharapkan ke depan banyak sekolah yang mengikuti program Adiwiyata.

"Supaya menjadi sekolah yang peduli lingkungan, ikut melestarikan lingkungan hidup," katanya.

Untuk diketahui, program Adiwiyata sendiri merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Di Kabupaten Kapuas pada 2023 lalu, MAN Kapuas sekolah yang berada di bawah naungan Kemenag Kapuas berhasil meraih penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata.

Salah satu programnya adalah kampanye pengurangan penggunaan plastik sekali pakai di lingkungan sekolah, yang mana melalui program itu sekolah berhasil mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan oleh sekolah. 

Selain itu, MAN Kapuas juga mengintegrasikan pembelajaran tentang keberlanjutan dan pelestarian lingkungan dalam kurikulum sekolah.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama