Inventor Kapuas Menangkan Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalteng

Inventor Kapuas Menangkan Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalteng

PENYERAHAN piala dan uang pembinaan kepada juara TTG.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar penutupan dan pengumuman Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2024, bertempat di Ruang Kahayan 2 Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Kamis (18/4/2024), kemarin.

Adapun hasil lomba pada kategori Inovasi TTG, juara I diraih oleh Ali Mustapa dari Kabupaten Kapuas dengan karya inovasi Alat Pemupuk Tanaman Nanas dan Tanaman Pangan. 

Juara II diraih oleh Rahmad Ariadi dari Kabupaten Kotawaringin Timur dengan karya inovasi Sabut Liber Alat Pengupas Sabut Kelapa. Juara III diraih oleh Weldu dari Kabupaten Murung Raya dengan karya inovasi Alat Pengolah Limbah Organik.

Kemudian, pada kategori Inovasi TTG Unggulan, juara I diraih oleh Markurius Abednegoe dari Kabupaten Katingan dengan karya inovasi Olah Sampah Organik Menjadi Sabun Natural Eco Enzyme Ramah Lingkungan. 

Juara II diraih oleh Eko Dedi Saputro dari Kabupaten Pulang Pisau dengan karya inovasi Alat Penabur Benih Padi. Juara III diraih oleh Singkir dari Kabupaten Kapuas dengan karya inovasi Produksi dan Pengembangan Probiotik untuk Budidaya Ikan dan Ternak.

Kepala Dinas PMD Kalteng Aryawan melalui Sekretaris Dinas, Etty Aprilya, Jumat (19/4/2024) berharap besar dengan lomba TTG tingkat Provinsi Kalteng ini dapat menjadi katalisator bagi pengembangan dan pemantapan hasil inovasi yang dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat desa dalam pengelolaan sumber daya alam desa.

"Kegiatan ini adalah komitmen dalam memberdayakan masyarakat, sehingga benar-benar mampu dan optimal dalam peningkatan penggunaan dan pemanfaatan TTG khususnya di desa," tukasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama