Pembangunan SDM Unggul dan Berdaya Saing menjadi Fokus Pemprov Kalteng

Pembangunan SDM Unggul dan Berdaya Saing menjadi Fokus Pemprov Kalteng

WAGUB Kalteng, Edy Pratowo saat menghadiri peresmian kampus II UMPR.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA -  Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) Edy Pratowo menghadiri Peresmian Kampus II Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), berlansung di Kampus II UMPR, Jalan Anggrek (Lingkar Luar, Mahir Mahar) Kota Palangka Raya, Senin (29/4/2024). 

Wagub Edy menyampaikan, kehadiran gedung Kampus II itu tentunya merefleksikan semangat dan tekad kuat civitas akademika UMPR untuk terus meningkatkan mutu pendidikan tingginya, salah satunya dengan melengkapi sumber daya sarana dan prasarananya, yang pada akhirnya akan memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) Kalteng.

"Untuk diketahui, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya ini merupakan salah satu mitra strategis Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Kalimantan Tengah telah turut banyak berkontribusi dalam pembangunan daerah, terutama dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wagub memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada jajaran UMPR atas kegigihan dan komitmennya dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di Kalteng, sehingga mampu menjangkau masyarakat di perdesaan dan pedalaman, dengan biaya yang terjangkau.

"Pembangunan SDM unggul dan berdaya saing menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, terlebih menghadapi tantangan ke depan makin berat, seperti pesatnya globalisasi dan digitalisasi, bonus demografi, hingga  pembangunan Ibu Kota Nusantara," ungkapnya.

"Kami pun terus berupaya meningkatkan partisipasi jenjang pendidikan tinggi, antara lain dengan memberikan bantuan sosial TABE (Tabungan Beasiswa Berkah) yang tahun 2024 ini dialokasikan untuk 20 ribu mahasiswa di Kalimantan Tengah, baik untuk mahasiswa berprestasi, tugas akhir, dan tentunya mahasiswa kurang mampu," imbuhnya.

Tidak dapat dipungkiri, sebutnya, tingkat pendidikan memegang peranan yang sangat penting terhadap meningkatnya kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat.

Untuk itu diharapkan, UMPR dapat meningkatkan jangkauan akses perkuliahan bagi masyarakat pada 14 Kabupaten/Kota di Kalteng melalui berbagai Program Studi yang ada, termasuk 5 Program Studi Baru yang di-launching.

Lanjut disampaikan, Pemprov Kalteng memiliki permohonan khusus kepada Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur Kelembagaan agar dapat membimbing dan memfasilitasi UMPR yang sedang berproses untuk mendirikan Fakultas Kedokteran.

Sebagai informasi, peresmian kampus II tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan lima Program Studi baru UMPR oleh Direktur Kelembagaan Kemendikbudristek RI, Lukman
kepada Rektor UMPR H Muhammad Yusuf, dan dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine serta penandatanganan prasasti peresmian oleh Direktur Kelembagaan Kemendikbudristek, pemotongan pita dan peninjauan ke area gedung Kampus II.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama