Jadi Salah Satu Lokus PKDN Sespimti Polri, Ini Harapan Wagub Kalteng

Jadi Salah Satu Lokus PKDN Sespimti Polri, Ini Harapan Wagub Kalteng

FOTO bersama di sela kegiatan PKDN Sespimti Polri.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo
menghadiri kegiatan Praktik Kerja Dalam Negeri (PKDN) Peserta Didik Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-33 Tahun Anggaran 2024, bertempat di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur setempat, Selasa (23/4/2024).

Wagub dan atas nama Pemprov Kalteng menyambut baik pelaksaaan PKDN, dan memberi apresiasi setinggi-tingginya atas dipilihnya Kalteng sebagai salah satu daerah tujuan PKDN Sespimpti Polri Dikreg ke-33, terlebih lagi tajuk yang diangkat sangat strategis, yakni "Strategi Kamtibmas dalam Pesta Demokrasi 2024 menuju Indonesia Emas".

Dikatakannya bahwa tajuk PKDN Sespimti ini sangat relevan dengan kondisi faktual saat ini, dimana baru saja telah menggelar secara serentak Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Legislatif DPR RI, DPD RI, dan DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota. Namun, tahapan Pesta Demokrasi 2024 belum selesai.

"Bulan November mendatang kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah, yang pertama kalinya dalam sejarah bangsa kita akan digelar serentak di seluruh Indonesia, untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota," katanya.

"Sudah menjadi tanggung jawab kita semua untuk bersama-sama menyukseskan Pesta Demokrasi tersebut, karena Pilkada ini sangat krusial bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah," timpalnya.

Lanjut disampaikan, meski Kalteng dihuni berbagai macam suku, ada suku asli Dayak, suku Jawa, Sunda, Batak, Bugis, dan lainnya, serta beragam agama didalamnya, tetapi masyarakatnya menjunjung falsafah "Huma Betang", yang berarti hidup bersama, bahu membahu, dalam keberagaman.

Kerukunan dan keharmonisan masyarakat harus benar-benar bisa dijaga, agar situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif, mengingat tensi politik yang sedang meninggi dapat menimbulkan potensi konflik atau perselisihan di tengah masyarakat.

"Untuk itu, menjadi harapan kita bersama, melalui PKDN Sespimpti Polri Dikreg ke-33 ini nantinya dapat diperoleh hasil, masukan, dan atau rekomendasi bermanfaat, terutama dalam menjaga kondusivitas kamtibmas menghadapi Pilkada 2024 di Kalimantan Tengah," tandasnya.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama