Pj Bupati dan Sekda Kapuas Gratiskan 5.000 Paket Sembako

Pj Bupati dan Sekda Kapuas Gratiskan 5.000 Paket Sembako

SUASANA pembukaan pasar murah Pemkab Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Kejutan tak terduga dalam pembukaan pasar murah yang digelar di halaman Kantor Disperindagkop dan UKM,  Kabupaten Kapuas, Jumat (1/3/2024), ada sebanyak 5.000 peket sembako yang seharusnya ditebus senilai Rp50 ribu pada hari itu kemudian digratiskan.

Antusias wargapun terlihat berbondong-bondong menyerbu pasar murah yang digelar Pemkab Kapuas bekerjasama dengan Perum Bulog setempat.

"Melihat kondisi perekonomian kita yang masih belum stabil, tentu hal ini berpengaruh terhadap perekonomian kita, yang dampaknya dirasakan oleh semua lapisan masyarakat maka dipandang perlu keseriusan semua pihak, baik Pemerintah maupun para pelaku usaha besar, menengah dan kecil dalam berbagai kegiatan sektor ekonomi lainnya untuk bekerja keras didalam melakukan pemulihan perekonomian daerah kita sesuai dengan salah satu arahan Presiden RI yaitu, memanfaatkan APBD untuk pengendalian inflasi melalui interpensi pasar untuk mengurangi gejolak harga komoditas pangan terutama beras, minyak goreng dan gula,” papar Erlin saat  membuka pasar murah.

Erlin pun menyampaikan bahwa kegiatan pasar murah Pemerintah Kabupaten Kapuas dilaksanakan sebagai bukti keseriusan dan wujud perhatian Pemkab Kapuas guna meringankan beban masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan akan bahan pokok masyarakat dengan bekerjasama dengan bulog Kuala Kapuas.

“Harapan saya kiranya dengan pelaksanaan kegiatan pasar murah ini dapat betul-betul membantu masyarakat di dalam memenuhi kebutuhan bahan pokoknya, khususnya didalam mempersiapkan diri guna menyambut Bulan Ramadhan 2024," kata Erlin.

Dilanjutjannya, Pemkab Kapuas telah mensubsidi paket sembako di pasar murah itu sehingga masyarakat bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp 50 ribu.

"Tetapi pada hari ini, kami bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas memberikannya secara gratis sebanyak 5.000 paket,” lontar Erlinx seraya disambut tepuk tangan dan sorak gembira dari masyarakat yang hadir.

Sementara itu, Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Apendi mengatakan, bahan pokok bersubsidi yang dijual dalam kegiatan pasar murah berupa 5 kg beras, 1 kg gula, sarden 1 kaleng, mie instan 2 bungkus dan 1 liter minyak goreng per paketnya. 

“Jadi, satu paket bahan pokok hanya ditebus Rp 50 ribu untuk masyarakat yang telah mendapatkan kupon, karena telah disubsidi oleh pemerintah daerah Rp 100 ribu,” katanya.

Kegiatan pasar murah dilaksanakan di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas dengan jumlah total bahan pokok bersubsidi yang disiapkan sebanyak 5.000 paket.

"Sedangkan untuk ayam kita menyediakan 100 kg,” pungkas Apendi.

Acara pembukaan pasar murah ini juga dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kapuas, Kepala Disperindagkop dan UKM Kapuas Apendi, Kepala Bulog Kapuas, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Pasar murah tersebut dilaksanakan dalam rangka pengendalian inflasi dalam upaya menjaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama