Pemkab Barsel Harus Pastikan Ketersedian Stok Danging Tetap Aman

Pemkab Barsel Harus Pastikan Ketersedian Stok Danging Tetap Aman

BUNTOK - Sudah seharusnya Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bisa memastikan ketersediaan stok daging, khususnya selama bulan puasa, di mana hampir semua kebutuhan pokok kini mengalami kenaikan harga.

Stok daging yang harus tersedia dengan baik itu tentunya mulai dari daging sapi, daging kambing, hingga daging ayam potong.

Anggota DPRD Barsel, Rusinah Andelen mengatakan, data diperlukan selain untuk memastikan ketersediaanya, juga untuk mengetahui apakah jumlah peternak di Barsel sudah mampu memenuhi atau belum. 

"Terhadap kebutuhan daging di daerah ini Pemerintah Pro­vinsi maupun Kabupaten/Kota harus terus memperbaharui data terkait kebu­tuhan masyarakat terhadap daging sapi maupun ayam menjelang dan saat perayaan hari besar keagamaan, termasuk pada bulan puasa ini," ucap Rusinah, Jumat (22/3/2022).

Menurut politisi Partai Nasdem ini, harus dilakukan pengoptimalan dan penambahan jumlah peternak. Hal ini menjadi salah satu cara efektif dalam upaya pengendalian harga daging sapi maupun ayam, yang cenderung naik menjelang hari besar keagamaan.

"Apabila dari data tersebut menunjukkan bahwa peternak di Barsel belum mampu memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat di daerah, maka pemerintah harus membuat suatu program untuk mengatasi masalah ini," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama