Setiap Anak Harus Mendapatkan Kemudahan dalam Bertransisi dari PAUD ke Pendidikan Dasar

Setiap Anak Harus Mendapatkan Kemudahan dalam Bertransisi dari PAUD ke Pendidikan Dasar

BUNTOK – Kebijakan transisi anak di level Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke jenjang Sekolah Dasar (SD) dengan konsep yang menyenangkan tentunya harus mendapatkan dukungan. 

Di mana konsep tersebut sekarang ini tengah gencar disosialisasikan pemerintah, khususnya untuk jenjang pendidikan dasar.

"Ketika anak masih usia dini sudah harus dibentuk karakternya, perlu dibentuk satu pola agar mereka bisa percaya diri dalam menunjukkan bakat dan kompetensinya," ucap Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Rusinah Andelen,  Jumat (22/3/2024).

Menurutnya, diharapkan setiap anak mendapatkan kemudahan dalam bertransisi dari PAUD ke pendidikan dasar.

Untuk itu, lanjutnya, aemua pihak yang terlibat termasuk Bunda PAUD kecamatan hingga desa harus mendukung dan berkomitmen untuk transisi PAUD ke SD yang menyenangkan. Dengan mengubah konsep pemikiran orang tua, bahwa kalau masuk SD itu harus sudah bisa baca tulis.

"Belajar anak PAUD itu seharusnya menyenangkan sehingga tidak membebani anak. Sebelum memasuki SD, anak usia dini diajak melakukan proses pengenalan sekolah di awal tahun pembelajaran dan menerapkan proses pembelajaran yang efektif serta menyenangkan, dengan fokus pada seluruh kompetensi pondasi anak," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama