Calon Jemaah Haji Barsel Mulai Lakukan Pemeriksaan Kebugaran

Calon Jemaah Haji Barsel Mulai Lakukan Pemeriksaan Kebugaran

BUNTOK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) melalui Dinas Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pemeriksaan kebugaran 149 orang Calon Jamaah Haji (CJH) musim haji tahun 1445 H/2024 M di Stadion Olahraga Batuah Buntok, Jumat  (1/3/2024).

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang perlu mendapatkan persiapan dan perhatian lebih bagi calon jemaah maupun instansi pembinaan dan pelayanan Kesehatan. 

Di momen ini, Dinkes Barsel melakukan pengukuran kebugaraan kepada 149 calon jemaah haji. Pengukuran kebugaran dilakukan dengan cara berjalan mengitari stadion Batuah dan diukur berapa waktu yang diperlukan untuk mencapai garis finish.

Sebelum pelaksanaan pengukuran kebugaran, peserta calon jemaah haji melakukan senam bersama sebagai langkah pemanasan.

Plt. Sekretaris Dinkes Barsel, Huzaimah mengatakan, pemeriksaan kebugaran diawali dengan pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah dan berat badan.

"Dilanjutkan dengan pengukuran kebugaran dengan menggunakan 2 metode yakni rockport walking test berupa yakni jalan cepat dan konstan dengan jarak 1,6 kilometer untuk calon jemaah haji yang sehat. Selain itu, terdapat metode Serta six minute walking test yakni berjalan selama 6 menit dengan diukur jarak tempuh untuk calon jemaah haji yang masuk resiko tinggi (resti) dan lanjut usia (lansia)," paparnya. 

Menurutnya, untuk bisa berangkat ke Tanah Suci, CJH harus memenuhi standar kondisi bugar. Sehingga semua aktivitas di Mekah dan Madinah nanti dapat dilaksanakan dengan baik.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Barsel Arbaja menjelaskan, dengan kegiatan pemeriksaan kebugaran hari ini diharapkan nantinya seluruh CJH dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa ada kendala dan Kembali ke tanah air dengan keadaan sehat pula.

"Sebelum melakukan latihan fisik, setiap CJH perlu mengikuti pengukuran kebugaran sehingga CJH tahu kondisi tubuhnya, apakah tingkat kebugarannya dalam kategori baik, cukup, atau kurang. Sehingga latihan fisik yang dilakukan sesuai dengan porsi atau kondisi fisik masing-masing CJH," imbuhnya. 

Iaberharap agar CJH tetap sehat dan dapat melaksanakan ibadahnya dengan baik dan sempurna sehingga mendapatkan haji yg mabrur.[adv/harlianto]

Lebih baru Lebih lama