Tuntaskan Pemilu 2024, KPU Kotabaru Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara

Tuntaskan Pemilu 2024, KPU Kotabaru Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara

KOTABARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotabaru menggelar rapat pleno rekapitulasi terbuka hasil penghitungan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024, Senin (26/2/2024) bertempat di Gedung Paris Barantai Kotabaru.

Rapat pleno dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Zainal Arifin, S. STP. M.Si. Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Syairi Mukhli, S.Sos, perwakilan Forum Koordinas Pimpinan Daerah Kabupaten Kotabaru. Ketua KPU Kabupaten Kotabaru Andi Muhammad Saidi, S.Sy, M.Sos, Ketua Bawaslu Kabupaten Kotabaru Rony Safriansyah, S.I. Kom, Pejabat Eselon II dan III di lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, perwakilan Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Para saksi peserta Pemilu

Sambutan Bupati Kotabaru, yang dibacakan Staf Ahli Bupati Zainal Arifin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2024

"Melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru Kami juga  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta penyelenggara Pemilu KPU, Bawaslu, PPK, PPS dan KPPS serta aparat keamanan TNI dan Polri yang telah menjalankan tugasnya secara terintegritas dan berdedikasi tinggi sehingga Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Kotabaru berjalan aman dan tertib," ujarnya. 

Ia juga menambahkan, tahapan demi tahapan Pemilu di Kabupaten Kotabaru telah kita lalui bersama dengan aman, damai, sejuk dan lancar. Dan tahapan rapat pleno penghitungan hasil suara hari ini tentunya jadi moment yang ditunggu kita semua.
Maka dari itu kami berharap rapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Dikesempatan itu, Ketua Bawaslu Rony Safriansyah juga memberikan sambutan dan aplus kepada para peserta rapat, terutama kepada KPU Kotabaru yang menjadi pelaksana pertama sekaligus tercepat dalam penghitungan suara Pemilu 2024 se-Kalimantan Selatan.

"Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru adalah yang tercepat di Kalimantan Selatan, yang melakukan tahapan rekapitulasi perhitungan di Kecamatan dengan hasil yang terbaik," ujarnya. 

Dengan terlaksananya tahapan puncak atau rapat Pleno dari Pemilu 2024 di Kabupatèn Kotabaru di tingkat Kabupaten sendiri belum berakhir karena masih ada tahapan selanjutnya di tingkat Provinsi dan Nasional.

"Dan pastinya tahapan Pemilu adalah tahapan yang melalui perjuangan panjang, terkait dalam pelaksanaan kegiatan kampanye partai politik di Kabupatèn Kotabaru," katanya. 

Ketua Bawaslu Kotabaru, Rony Syafriansyah juga mengapresiasi para pimpinan partai politik yang mau ikut tertib dalam melaksanakan ketentuan dalam kampanye terutama dalam menggunakan Alat Peraga Kampanye (APK). 

"Untuk itu, saya berpesan kepada pimpinan partai politik agar segera melaporkan dana kampanye dari masing-masing partai politik, Satu lagi tahapan yang dilakukan oleh pimpinan partai politik agar segera dan wajib melaporkan dana kampanye dari masing-masing partai politik," terangnya. 

Dan apabila tidak dilaporkan, ujar Rony, maka akan ada sanksi yang diterima olah para caleg dan partai politik tersebut.

"Bawaslu bersama saksi-saksi akan terus mengawal proses rekapitulasi yang akan berlangsung selama 5 hari di Gedung Paris Barantai ini dan apapun hasil akhirnya kepada para caleg baik DPRD Kabupaten, DPR Provinsi dan DPR RI serta Presiden dan Wakil Presiden, mudah-mudahan hasil ini menjadikan Kotabaru lebih maju lagi," pungkasnya.

Andi Muhammad Saidi, Ketua KPU Kotabaru membuka rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara ditingkat Kabupatèn Kotabaru menuturkan, bahwa KPU sudah melaksanakan tahapan demi tahapan dari proses pelaksanaan Pemilu. 

"Alhamdulillah KPU Kotabaru sudah melaksanakan semua tahapan-tahapan Pemilu berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku semenjak tahapan Pemilu ditetapkan pada tanggal 14 Juni 2022," jelasnya. 

Ketua KPU juga menambahkan mulai dari pemuktahiran data pemilu, verifikasi partai politik, melakukan verifikasi faktual kesehatan partai politik, dan melaksanakan pemungutan suara serta rekapitulasi ditingkat Kecamatan.

"Kegiatan ini terlaksana berkat adanya dukungan dari Pemerintah daerah, serta pengamanan dari TNI-POLRI atas pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 14 Februari kemarin," imbuhnya. 

Saidi juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS, panitia pemilihan Kecamatan (PPK), dan panitia pemungutan suara (PPS) yang sudah menjalankan tugas dalam pesta demokrasi tahun 2024 ini.

"Dengan terlaksananya rapat rekapitulasi pada hari ini berkat dukungan dari semua elemen, baik Pemerintah daerah, tokoh masyarakat, pemuda maupun para awak media (wartawan Kotabaru) yang mendukung kinerja KPU Kabupaten Kotabaru," ucap Saidi.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama