Percepatan Penetapan BLUD, Kotabaru Lakukan Studi Banding ke Dinkes Banjarmasin

Percepatan Penetapan BLUD, Kotabaru Lakukan Studi Banding ke Dinkes Banjarmasin

KOTABARU - Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Kotabaru, Drs H Minggu Basuki MAP, memimpin Studi Banding dalam percepatan penetapan BLUD Puskesmas dan RSUD Kotabaru, bertempat di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. 

Minggu Basuki mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mewujudkan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru berkomitmen untuk menetapkan 15 Puskesmas dan RSUD Sengayam menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Oleh karena itu, Puskesmas perlu melengkapi persyaratan administrasi penetapan BLUD, berupa dokumen Tata Kelola, Standar Pelayanan Minimal, Renstra, dan Anggaran Rencana Bisnis," ujar Minggu Basuki saat membuka Studi Banding BLUD, Jumat (23/2/2024).

Minggu Basuki juga menyampaikan, melalui sistem BLUD, Puskesmas dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat sesuai kebutuhan masyarakat, fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan, sehingga sangat pas Puskesmas dan RSUD ditetapkan menjadi BLUD.

Ia berharap seluruh kepala Puskesmas yang ikut dalam studi banding dapat merealisasikan dokumen pendukung penetapan BLUD yang disampaikan pembicara. 

Tujuan studi banding ini untuk meningkatkan kemampuan Puskesmas dan RSUD dalam memahami BLUD, serta mempersiapkan diri untuk memenuhi persyaratan meliputi syarat Subtantif, Teknis, Administratif, Pola tata kelola, laporan keuangan pokok, laporan keuangan auditan atau surat pernyataan kesanggupan diaudit sebagai syarat penerapan PPK-BLUD.

"Untuk itu bagi peserta yang mengikuti studi banding bisa mempersiapkan penetapan BLUD, dan menyimak serta memperhatikan dengan baik, agar setelah studi banding nanti dapat menyusun dokumen dengan benar sesuai pedoman, sehingga Puskesmas dan RSUD layak untuk ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah," jelasnya.

Studi banding digagas oleh Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kotabaru, dengan narasumber Kepala Dinkes Banjarmasin, dr. Tabiun Huda, Kabid BLUD RS Sultan Suriansyah Banjarmasin, Zainal Aripin, Kepala BLUD Puskesmas Sungai Andai Banjarmasin dr. Mei Vita, dan Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama