Miliki Dedikasi, Pj Bupati Barsel Apresiasi Petugas Kebersihan

Miliki Dedikasi, Pj Bupati Barsel Apresiasi Petugas Kebersihan

BUNTOK - Dedikasi petugas kebersihan dalam membantu dan menunjang program pemerintah daerah, tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Peran mereka untuk menjadikan Kota Buntok menjadi bersih dan asri, sangat besar sekali. Bahkan kendati dengan upah atau gaji yang masih minim.

Hal ini setidaknya  diakui Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), Deddy Winarwan saat ramah tamah dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kebersihan serta tenaga kontrak Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Barsel, Kamis (1/2/2024).

"Untuk itu atas nama Pemkab Barsel kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pegawai DLH yang telah berupaya dalam tugas panggilannya sebagai pelayan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terkhusus di wilayah  Barsel,” ucap Deddy. 

Dalam kesempatan yang baik ini, Ia juga menyampaikan dan memberikan penekanan terkait kegiatan yang sudah berjalan di DLH, yaitu optimalisasi pengangkutan sampah harus menggunakan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) sebagai upaya dalam penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Deddy mengatakan, seluruh petugas kebersihan harus sudah didata di BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan untuk menjamin  dan memberikan kenyamanan dalam bekerja bagi seluruh petugas kebersihan yang ada.

"Optimalkan pengelolaan sampah dengan  konsep Reduce, Reuse, Recycle hingga menjadi barang bernilai ekonomi memulai dari sampah rumah," tuturnya.

Kemudian ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) hingga menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA), divmana untuk sampah yang masuk ke TPA itu sendiri rata-rata sebesar 13 ton/hari atau 352,525 ton per bulan, sehingga punya potensi yang bisa dimanfaatkan dengan meningkatkan nilai ekonominya. 

"Selain itu juga optimalkan kembali kerja Bank Sampah, sehingga bisa secara maksimal untuk meningkatkan animo masyarakat dalam memilah sampah rumah tangga yang mereka hasilkan sehingga menjadi bernilai ekonomis," jelasnya. 

Pada tahun 2023 Pagu Anggaran DLH sebesar Rp12.035.442.989. Sedangkan pada tahun 2024 Pagu anggaran DLH meningkat menjadi sebesar Rp15.058.798.386.

"Dengan adanya peningkatan pagu tersebut, saya mengharapkan peningkatan kinerja dan capaian program kerja pada DLH," pungkasnya.[adv/deni]


Lebih baru Lebih lama