Di Puskesmas Rawat Inap Halong Pasien Bisa Daftar Melalui WhatsApp

Di Puskesmas Rawat Inap Halong Pasien Bisa Daftar Melalui WhatsApp

PASIEN melakukan pengobatan di Puskesmas  Rawat Inap Halong.| foto : istimewa

PARINGIN - Permudah proses pendaftaran pasien, UPTD Puskesmas Rawat Inap Halong, buka  pendaftaran pasien melalui aplikasi pesan instan WhatsApp. 

Kepala Puskesmas Rawat Inap Halong, dr. Suminto Sastro Utomo mengatakan, langkah tersebut diambil guna meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan bagi masyarakat setempat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

”Pendaftaran melalui WhatsApp ini memungkinkan warga Halong untuk mendaftarkan diri mereka atau anggota keluarga secara online tanpa harus datang langsung ke puskesmas," kata dr. Suminto, Jumat (23/2/2024). 

Kemudian jelas dr. Suminto, dengan mengirimkan pesan singkat, masyarakat dapat menginformasikan data diri dan keluhan kesehatan kepada petugas puskesmas.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Halong, langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya Puskesmas dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi layanan. 

"Dengan pendaftaran melalui WhatsApp, kami berharap dapat mengurangi antrian di Puskesmas dan memberikan layanan yang lebih cepat kepada pasien," ujarnya.

Proses pendaftaran ini juga dilengkapi dengan sistem jadwal janji untuk menghindari kerumunan dan memastikan pengaturan waktu yang efektif bagi pasien. Selain itu, Puskesmas akan memberikan nomor antrian virtual kepada pasien setelah pendaftaran selesai.

Masyarakat Halong menyambut baik langkah inovatif ini, mengakui kepraktisan dan keamanan dalam menghindari paparan langsung di Puskesmas. 

Adapun petugas Puskesmas telah menjalani pelatihan untuk merespons pesan WhatsApp dengan cepat dan memberikan panduan kepada pasien yang mendaftar melalui platform tersebut.

"Kami berharap bahwa pendaftaran pasien melalui WhatsApp ini akan membuka jalan untuk penyediaan layanan kesehatan yang lebih modern dan berfokus pada kebutuhan masyarakat," pungkasnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama