KPU Pulang Pisau Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Pemilu 2024

KPU Pulang Pisau Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Pemilu 2024

PULANG PISAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), melaksanakan kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara 
serta Penggunaan Sirekap Dalam Rangka Persiapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

Simulasi melibatkan ratusan warga yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) ini,  dengan berlangsung di Aula Bapperida, daerah setempat, Rabu (31/1/2024).

Dari pantauan awak media, persiapan simulasi di setting persis saat berlangsungnya pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Pulang Pisau Roby Hudin mengatakan, kegiatan simulasi tersebut merupakan bagian dari sosialisasi dan bentuk edukasi kepada para pemilih agar lebih memahami alur dan tata tertib saat proses pemungutan suara berlangsung.

"Simulasi ini juga mengingatkan pihak KPPS bekerja sesuai SOP yang ada. Kemudian, untuk mengukur seberapa lama waktu yang diperlukan  selama proses pemungutan sampai penghitungan berlangsung, semoga tidak sampai terlalu larut malam. Kegiatan simulasi ini kita siarkan secara live, sehingga nantinya dapat menjadi gambaran bagi teman-teman KPPS di masing-masing wilayah dengan harapan dapat mengurangi kesalahan," kata Roby disela simulasi berlangsung.

Sementara, kegiatan simulasi dihadiri langsung oleh Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani bersama unsur Forkopimda, Bawaslu dan OPD terkait.

"Kita tadi bersama-sama menyaksikan proses simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024. Alurnya sama dengan pemungutan yang sebenarnya, semoga saja nanti masyarakat tidak kesulitan dalam menentukan pilihannya di bilik suara. Kami tentu berharap pemilu 2024 ini berjalan aman, damai dan sukses," ucap Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau.[manan]

Lebih baru Lebih lama