Hari Jadi ke 21, Wagub Kalteng Ajak Masyarakat Bersama Membangun Bartim

Hari Jadi ke 21, Wagub Kalteng Ajak Masyarakat Bersama Membangun Bartim

TAMIANG LAYANG - Wakil Gubernur  Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) H Edy Pratowo didaulat inspektur upacara Hari Jadi ke 21 Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kamis (10/8/2023) berlangsung di halaman Kantor Bupati setempat.

Amanat Gubernur H Sugianto Sabran yang dibacakan oleh Wagub menuturkan bahwa momentum hari bersejarah ini semakin merekatkan tali persaudaraan, kerukunan, dan persatuan, ditengah keberagaman yang dimiliki, baik suku, agama, maupun ras. 

Itu, selaras dengan tema Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bartim tahun 2023 ini yaitu "Berjaya dan Sejahtera" yang dijabarkan dalam sub tema "Dengan Semangat Lewu Hante dapat Mempersatukan Perbedaan dan Keberagaman Untuk Meraih Kejayaan dan Kesejahteraan Menuju Gumi Jari Janang Kalalawah".

"Semua harus terus melaju bersama-sama, bahu-membahu dalam memajukan pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Barito Timur dan Kalimantan Tengah untuk Kalteng Makin Berkah," ucapnya.

Gubernur kata Wagub, memberi apresiasi tinggi kepada Bupati beserta Wakil Bupati Bartim dan seluruh jajaran atas sejumlah prestasi dan raihan positif pembangunan pada tahun 2022.

Selain itu, ingatnya, harus mewaspadai ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), yang pada tahun 2023 ini potensinya meningkat dibandingkan kondisi 3 tahun terakhir, karena kemarau yang diperkirakan BMKG lebih ekstrem akibat fenomena El Nino. 

"Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Forkopimda, instansi terkait, dan seluruh elemen masyarakat, kita semua harus kompak, bersatu padu memperkuat Kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kalimantan Tengah," tegasnya.

Wagub menambahkan, Pemkab harus berani membuat inovasi baru untuk memacu percepatan pembangunan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah demi kesejahteraan masyarakat. 

"Potensi daerah harus dikelola optimal dan berkelanjutan, melalui hilirisasi, digitalisasi, serta pengembangan UMKM dan pariwisata," tukasnya.[siti/adv]

Lebih baru Lebih lama