Melalui Budidaya Jamur Diharapkan Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Melalui Budidaya Jamur Diharapkan Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

TAMIANG LAYANG - Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui peningkatan usaha kecil masyarakat.

Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar pelatihan budi daya jamur kepada para pengurus dan kader PKK di Desa Bagok, Rabu (7/6/2023) kemarin.

Ketua TP PKK Bartim, Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas berharap, dengan digelarnya pelatihan itu dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para kader, ibu-ibu, dan remaja putri di desa-desa, sehingga dapat meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga secara sederhana.

"Salah satu tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan ketersediaan ragam bahan pangan, khususnya sayuran, yang bisa dikonsumsi oleh keluarga. Dengan mengembangkan usaha budi daya jamur, diharapkan keluarga dapat memperoleh sumber penghasilan tambahan dan memiliki akses terhadap pangan yang bergizi," terangnya, Kamis (8/6/2023).

Ia juga menekankan pentingnya penyebarluasan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh melalui pelatihan itu.

Ia berharap peserta pelatihan dapat mengajarkan kembali kepada ibu-ibu di desa mereka, sehingga manfaat dari kegiatan tersebut dapat tersebar luas dan berkelanjutan.

"Pelatihan budi daya jamur ini diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan keluarga di Kabupaten Barito Timur," harapnya.

"Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, diharapkan masyarakat dapat mengembangkan usaha kecil yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup," tukasnya.[siti]

Lebih baru Lebih lama