Ingatkan CJH, Kepala Kemenag Kotabaru: Jaga Kesehatan Jelang Keberangkatan

Ingatkan CJH, Kepala Kemenag Kotabaru: Jaga Kesehatan Jelang Keberangkatan

KOTABARU - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru, Dr H Ahmad Kamal S.HI M.Ag mengingatkan kepada seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kotabaru agar dapat menjaga kesehatan dan kebugaran diri masing-masing, Rabu (31/5/2023).

Akhmad Kamal mengatakan, CJH Kotabaru 1444 Hijriah atau 2023 Masehi ini berjumlah sebanyak 233 orang yang tergabung di kloter 14 bersama CJH Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

"Mereka akan diberangkatkan dari Kotabaru menuju Embarkasi Asrama Haji Banjarmasin pada 15 Juni 2023 nanti, dan masuk di asrama sekitar pukul 21.00 Wita atau jam 9 malam," kata Akhmad Kamal

Jemaah kemudian akan diberangkatkan pada 17 Juni 2023 sekitar pukul 01.40 dini hari dari Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin menuju Jeddah Arab Saudi. Para jemaah juga sudah mengikuti berbagai tahapan seperti pemeriksaan kesehatan tahap I dan II, bimbingan manasik, dan yang lainnya sesuai dengan ketentuan SOP yang diberlakukan.

"Saya berharap kepada para Calon Jamaah Haji Kabupaten Kotabaru agar kiranya dapat menjaga kesehatan dengan baik, mengatur pola makan dan menjaga aktivitas demi kebugaran fisik serta sering-sering lah untuk berjalan kaki menjelang keberangkatan ke Tanah Suci Makkah nanti,” ungkapnya.

Di kesempatan itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotabaru, Dra Hj Siti Fatimah M.M mengatakan, sebagaimana yang sudah dikatakan Kepala Kantor Kemenag tadi bahwa jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat sebanyak 233 jamaah dan ini sudah fix data manifesnya maupun persyaratan lainnya, tinggal menunggu keberangkatan aja lagi.

"Dari 233 jamaah sebelumnya ada 23 orang yang mengundurkan diri dikarenakan ada yang meninggal dunia, dan ada juga menunda keberangkatannya karena terpisah suami istri, anak dan orang tua, tidak adanya kebijakan pendampingan untuk lansia dan penggabungan mahram sehingga ada jamaah yang mengundurkan diri,” paparnya.

Fatimah mengaku bersyukur karena untuk tahun 2023 ini mendapatkan tambahan kuota dibandingkan tahun sebelumnya, yang mana tahun sebelumnya jemaah Kotabaru hanya 94 orang, dan kini menjadi 233 atau hampir 100 persen lebih.

"Ini dikarenakan kebijakan yang dibuka oleh Pemerintahan Arab Saudi, yang mana tahun kemarin kebijakannya hanya dibuka 1 juta orang yang berangkat haji, namun tahun ini sudah dalam kondisi normal maka pelaksanaan ibadah haji dilaksanakan secara normal," pungkasnya.

Dengan begini berarti kuota saat ini kembali bertambah, semula 221 ribu untuk jamaah haji Indonesia, sedangkan untuk kita sendiri khususnya Kalimantan Selatan.

"Menurut informasi bahwa ada tambahan kuota sebanyak 113 orang jemaah, akan tetapi untuk sementara sampai dengan hari ini rilis untuk nama-nama jamaah yang akan berangkat belum diterbitkan," jelasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama